Puspitasari, Hilda and Rosdiana, Rina and Talitha, Stella (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELAS X SMK PELITA 1 CIAMPEA. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
Text
2019 PBSI Laras Puspitasari.pdf Download (122kB) |
Abstract
ABSTRAK Laras Puspitasari: “Penerapan Model Pembelajaran Take and Give dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Kelas X SMK Pelita 1 Ciampea”. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indoneisa, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor 2019. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampikan menulis teks laporan hasil observasi kelas X SMK Pelita 1 Ciampeadan mengetahui kendala yang dialami oleh siswa dalam menulis teks laporan hasil observasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, angket, dan pengamatan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X jurusan administrasi perkantoran SMK Pelita 1 Ciampea. Sampel penelitian ini adalah kelas X AP 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X AP 6 sebagai kelas kontrol dengan teknik sampel cluster random sampling. Hipotesis pertama yaitu penggunaan model pembelajaran take and givedapat meningkatkan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi teruji kebenarannya. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai siswa dalam menulis teks laporan hasil observasi dari rata-rata 53,6 menjadi 83,0. Hasil penghitungan perbandingan mean dengan menggunakan rumus t-tes, diperoleh harga thitung= 3,05dand.b.=62. Dari d.b.62 setelah melakukan pengetesan satu skor pada tabel nilai “t”. nilai d.b.= 62 tidak terdapat dalam tabel maka dicari d.b. yang mendekati, yaitiu d.b. 70 dan diperoleh harga t0,05= 2,00 dan harga t0,01= 2,65 dengan demikian, thitungjauh lebih besar daripada ttabel atau harga thitungsignifikan karena nilai ttabel< thitung, yaitu 2,00<3,05>2,65. Hal tersebut menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kelas eksperimen. Hipotesis kedua, yaitu siswa mengalami kendala dalam menulis teks laporan hasil observasi terbukti kebenarannya. Berdasarkan hasil angket, diketahui bahwa 15 siswa dengan persentase47% kesulitan menentukan tiga struktur teks laporan hasil observasi. Selain itu, 19 siswa dengan persentase 59% merasa kesulitan dalam menyusun kerangka teks laporan hasil observasi dan 18 siswa dengan persentase 56% merasa kesulitan mengembangkan kerangka teks laporan hasil observasi. Kata kunci: Keterampilan menulis teks laporan hasil observasi, model take and give.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BAHAS & SASTRA INDONESIA |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK |
Date Deposited: | 03 Sep 2022 02:17 |
Last Modified: | 16 Sep 2022 03:27 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4290 |
Actions (login required)
View Item |