HUBUNGAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS DENGAN KETERAMPILAN MENULIS TEGAK BERSAMBUNG Penelitian Korelasional Pada Peserta Didik Kelas IIA, IIB, IIE dan IIF Sekolah Dasar Negeri Papandayan Kecamatan Bogor Tengah Kota Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020

Pratama, Mahesa Yudistira and Budiana, Sandi and Muhajang, Tatang (2019) HUBUNGAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS DENGAN KETERAMPILAN MENULIS TEGAK BERSAMBUNG Penelitian Korelasional Pada Peserta Didik Kelas IIA, IIB, IIE dan IIF Sekolah Dasar Negeri Papandayan Kecamatan Bogor Tengah Kota Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2019PGSD MAHESA Y.pdf

Download (62kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Video terhadap Hail Belajar Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku. Pendekatan yang diambil adalah eksperimen quasi desain dua grup di Sekolah Dasar Negeri Babakan 01. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV A dan IV B Sekolah Dasar Negeri Babakan 01 Kabupaten Bogor yang terdiri dari 65 Siswa, penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perngaruh penggunaan media pembelajaran audio visual video terhadap hasil belajar subtema 1 keberagaman budaya bangsaku. Hal ini terlihat dari nilai N-Gain pada kelompok kelas eksperimen sebesar 76, sedangkan kelompok kelas control mendapatkan nilai N-Gain sebesar 68. Ketuntasan hasil belajar yang diperoleh kelompok eksperimen sebesar 85% sedangkan pada kelompok kelas control sebesar 75%. Serta hasil pengujian hipotesis bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung (2,541) > ttabel (1,998). Dengan ini dapat disimpulkan bahwa penelitian memiliki pengaruh positif dan signifikan antara penggunaan media pembelajaran audio visual video terhadap hasil belajar subtema 1 keberagaman budaya bangsaku. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan baru mengenai penggunaan media pembelajaran sehingga menggunakan media pembelajaran yang inovatif dapat meningkatkan hasil belajar. Kata Kunci : Hasil belajar, Audio Visual Video.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 03 Sep 2022 02:18
Last Modified: 16 Sep 2022 03:04
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4312

Actions (login required)

View Item View Item