PENERAPAN MEDIA POSTER DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII SMP BAHRUL ULUM KOTA BOGOR

Hasibuan, Nurmalasari and Rosdiana, Rina and Suwarna, Dadan (2019) PENERAPAN MEDIA POSTER DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII SMP BAHRUL ULUM KOTA BOGOR. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2019 PBSI Nurmalasari Hasibuan.pdf

Download (142kB)

Abstract

ABSTRAK Nurmalasari Hasibuan: “Penerapan Media Poster dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Bahrul Ulum Kota Bogor”. Program Studi Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, Bogor 2019. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan media poster terhadap peningkatan keterampilan menulis teks berita dan kendala siswa dalam menulis teks berita. Metode yang dilakukan pada penelitian ini yaitu metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yaitu, tes, angket, dan observasi. Tes digunakan untuk mengetahui adanya pengaruh dari penerapan media poster, sedangkan angket digunakan untuk mengetahui kendala yang dialami siswa ketika proses pembelajaran berlangsung. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII-A sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel ini dilakukan dengan cara cluaster random sampling. Hipotesis pertama, yaitu penerapan media poster terhadap peningkatkan keterampilan menulis teks berita terbukti kebenarannya. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan diperolehnya data prates kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata, yaitu 43.28 berada pada tingkat kurang mampu dalam menulis teks berita, sedangkan hasil rata-rata postes, yaitu 77.2 berada pada tingakat penguasaan mampu. Hal tersebut menunjukkan peningkatan yang signifikan pada kelas eksperimen yaitu sebesar 33.92. sementara hasil perbandingan mean kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan uji-t, diperoleh data harga thitung 2.81 dan d.b. = 48, selanjutnya dilakukan pengetesan satu skor pada nilai “t”. d.b. 48 dan diperoleh harga t00,99 = 2,39 dan harga t0 0,95 = 1,67. Dengan demikian, thitung jauh lebih besar daripada ttabel atau harga thitung signifikan karena nilai ttabel < thitung, yaitu 1,67 < 2.81> 2,39. Dengan demikian t0 (thitung) lebih besar dibandingkan dengan t0 (ttabel). Hipoteseis kedua, yaitu kendala yang dialami oleh siswa dalam menulis teks berita terbukti kebenarannya. Berdasarkan hasil angket yang menyatakan sebanyak 58% mengalami kendala dalam menyebutkan struktur teks berita. kemudian, 40% mengalami kendala dalam menyebutkan unsur pada teks berita. selain itu, 16% media poster mempermudah dalam menulis teks berita. Hal tersebut dapat dibuktikan bahwa penerapan media poster dapat meningkatkan keterampilan menulis teks berita dan terdapat beberapa kendala dalam menulis teks berita. Kata Kunci: keterampilan menulis, teks berita, media poster

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BAHAS & SASTRA INDONESIA
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 03 Sep 2022 02:19
Last Modified: 16 Sep 2022 02:54
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4324

Actions (login required)

View Item View Item