PERBEDAAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI SUMBER DAYA ALAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TWO STAY TWO STRAY Studi Kurikulum 2006 Dengan Pendekatan Eksperimen Quasi Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sindang Sari Kota Bogor Semester Genap Tahun Ajaran 2016/2017

Umalia and Hidayat, Rais and Suhendra (2019) PERBEDAAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI SUMBER DAYA ALAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TWO STAY TWO STRAY Studi Kurikulum 2006 Dengan Pendekatan Eksperimen Quasi Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sindang Sari Kota Bogor Semester Genap Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2019PGSD UMALIA.pdf

Download (77kB)

Abstract

ABSTRAK Umalia, 037113102. Perbedaan Hasil Belajar Sumber Daya Alam Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw dan Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray Pada Siswa Kelas IV-A, IV-B, dan IV-C Sekolah Dasar Negeri Sindang Sari Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2017. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif komparatif dengan metode ekperimen quasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) melalui model pembelajaran kooperatif Jigsaw (kelas ekperimen 1) dengan model pembelajaran konvensional (kelas kontrol), perbedaan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam melalui model pembelajaran kooperatif Two StayTwo Stray (kelas eksperimen 2) dengan model pembelajaran konvensional (kelas kontrol) dan perbedaan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam melalui model pembelajaran kooperatif Jigsaw (kelas ekperimen 1) dengan model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray (kelas eksperimen 2). Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Sindang Sari Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor kela IV-A,IV-B,IV-C pada bulan Mei, semester genap tahun pelajaran 2016/2017.Teknik analisis yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji homogenitas varians, kemudian dilakukan uji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji t.Perhitungan N-Gain pada ketiga kelompok diperoleh nilai N-Gain kelas kontrol (kelompok konvensional) sebesar 59,71, nilai N-Gain kelas eksperimen 1 (Kelompok Jigsaw) sebesar 7621, sedangkan nilai N-Gain kelas eksperimen 2 (Kelompok Two Stay Two Stray) sebesar 71,28. Sehingga nilai N-Gain pada kelas eksperimen 1 lebih besar dari kelompok eksperimen 2 maupun kelas kontrol. Pada uji normalitas dengan uji lieliefors ketiga sampel berdistribusi normal karena nilai ketiga sampel lebih kecil dari Ltabel. Pada kelompok kelas Jigsaw di dapat Lhitung ≤ Ltabel yaitu 0,12 ≤ 0,156, pada kelompok kelas Two StayTwo Stray di dapat Lhitung ≤ Ltabel yaitu 0,10 ≤ 0,156, pada kelompok kelas Konvensional di dapat Lhitung ≤ Ltabel yaitu 0,10 ≤ 0,149. Kemudian pada uji homogenitas didapatkan nilai X2hitung sebesar (2,687) lebih kecil dari x2tabel (5,991). Selanjutnya pada uji hipotesis didapatkan nilai thitung sebesar 3,928 lebih besar dari ttabel sebesar 1,99714, menunjukkan bahwa H0 (hipotesis nol) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima.Berdasarkan hail penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam melalui model pembelajaran kooperatif Jigsaw dan model pembelajaram kooperatif Two Stay Two Stray. Model pembelajaran Jigsaw lebih unggul dibandingkan dengan model pembelajaran Two Stay Two Stray. Kata Kunci : Jigsaw, Two Stay-Two Stray, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 03 Sep 2022 02:19
Last Modified: 16 Sep 2022 03:33
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4338

Actions (login required)

View Item View Item