PENGARUH BUDAYA SEKOLAH TERHADAP KARAKTER SISWA Studi Kurikulum 2013 Melalui Pendekatan Penelitian Kausal di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Sasanawiyata 01 Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor Semester Genap 2018/2019

Oktaviani, Avri and Hidayat, Rais and Safitri, Nurlinda (2019) PENGARUH BUDAYA SEKOLAH TERHADAP KARAKTER SISWA Studi Kurikulum 2013 Melalui Pendekatan Penelitian Kausal di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Sasanawiyata 01 Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor Semester Genap 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2019 PGSD Avri Oktaviani.pdf

Download (222kB)

Abstract

Avri Oktaviani. 037115017. Pengaruh Budaya Sekolah Terhadap Karakter Siswa. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Pakuan. Bogor. 2019. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kausal yang terdiri dari budaya sekolah sebagai variabel bebas dan karakter siswa sebagai variabel terikat. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh positif antara budaya sekolah terhadap karakter siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA, VB, dan VC Sekolah Dasar Negeri Sasanawiyata 01 Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor yang terdiri dari 50 sampel responden 23 siswa laki-laki dan 27 siswa perempuan. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh budaya sekolah terhadap karakter siswa, ditunjukkan dengan analisis statistik yang menghasilkan harga koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,55. Ini menunjukkan adanya pengaruh budaya sekolah terhadap karakter siswa, sedangkan koefisien determinasi (r2 ) sebesar 0,3025 atau sebesar 30,25%. Hal ini berarti nilai budaya sekolah terhadap karakter siswa sebesar 30,25%, melalui persamaan regresi Ŷ= 26,228 + 0,7549 X. Sisanya sebanyak 69,75% ditentukan oleh faktor lain. Dimana persyaratan uji hipotesis statistik; Ho:py=0 (tidak terdapat pengaruh antara budaya sekolah (X) terhadap karakter siswa (Y)); Ha:py>0 (terdapat pengaruh antara budaya sekolah (X) terhadap karakter siswa (Y)). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikansi antara budaya sekolah terhadap karakter siswa. Hal ini berarti untuk meningkatkan karakter siswa maka harus melanjutkan budaya sekolah. Kata kunci : budaya sekolah dan karakter siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 03 Sep 2022 03:10
Last Modified: 16 Sep 2022 02:32
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4379

Actions (login required)

View Item View Item