PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA PERJUANGAN PARA PAHLAWAN

Muda, Elgi Oktadian and Lalhad, Griet Helena and Karmila, Nita (2022) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA PERJUANGAN PARA PAHLAWAN. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2022 PGSD Elgi.pdf - Published Version

Download (295kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui penerapan hasil belajar Subtema Perjuangan Para Pahlawan melalui penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning pada siswa Kelas IV. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Kelas IVA dan Kelas IVB pada bulan Desember sampai bulan Januari semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022. pada kelompok kelas kontrol didapat nilai Lhitung Ltabel yaitu 0,089 0,173, pada kelompok kelas konvensional didapat nilai LhitungLtabel yaitu 0,073 0,173. Kemudian pada uji homogenitas data tersebut bersifat homogen karena Fhitung F tabel, didapatkan nilai 1,43 2,12. Selanjutnya pada uji hipotesis didapatkan thitung sebesar 2,51 lebih besar dari ttabel sebesar 2,02108, Berdasarkan penelitian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model Discovery Learning berpengaruh terhadap hasil belajar subtema terdapat pengaruh hasil belajar subtema perjuangan para pahlawan. Kata Kunci: Discovery Learning, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 03 Sep 2022 03:21
Last Modified: 03 Sep 2022 03:21
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4432

Actions (login required)

View Item View Item