PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INSIDE-OUTSIDE CIRCLE DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PIDATO PERSUASIF SISWA KELAS IX SMPN 2 PELABUHANRATU KABUPATEN SUKABUMI

Fallah, Dian Fadhlul and Suhendra and Talitha, Stella (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INSIDE-OUTSIDE CIRCLE DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PIDATO PERSUASIF SISWA KELAS IX SMPN 2 PELABUHANRATU KABUPATEN SUKABUMI. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2019 PBSI Dian Fadhlul Fallah.pdf

Download (107kB)

Abstract

ABSTRAK Dian Fadhlul Fallah : Penerapan Model Pembelajaran Inside-Outside Cirlce dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Pidato Persuasif Siswa Kelas IX SMPN 2 Pelabuhanratu Kabupaten Sukabumi. Program Studi Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model inside-outside cirlce dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan menulis teks pidato persuasif, serta kendala yang dialami siswa kelas IX SMPN 2 Pelabuhanratu Kabupaten Sukabumi dalam menulis teks pidato persuasif. Metode yang dipergunakan yaitu metode eksperimen dan teknik pengumpulan data melalui tes, angket dan observasi. Adapun populasi penelitiannya adalah siswa kelas IX SPMN 2 Pelabuhanratu Kabupaten Sukabumi. dengan sampel kelas eksperimen adalah kelas IX B dan sebagai kelas kontrol adalah kelas IX F. Hipotesis pertama Penerapan model pembelajaran inside-outside circle terbukti dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa dalam menulis teks pidato persuasif siswa kelas IX SMPN 2 Pelabuhanratu Kabupaten Sukabumi yaitu sebesar 45,33 dengan nilai rata-rata prates di kelas ekspeimen 37,71 termasuk katagori kurang mampu dan nilai rata-rata pascates 83,04 termasuk katagori mampu. Hasil perbandingan mean dan rumus uji t diperoleh thitung sebesar 3,23 dengan db 78 taraf signifikan 5% diperoleh ttabel 1,67 dan taraf signifikan 10% diperoleh ttabel 2,38 atau 1,67<3,23>2,38 ini berarti thitung lebih besar dari ttabel. Hipotesis kedua Tedapat kendala dalam pembelajaran keterampilan menulis teks pidato persuasif yang dialami oleh siswa dan sesuai hasil angket yaitu 45% siswa mengalami kendala ketika menggunakan istilah-istilah umum dalam pembelajaran menulis teks pidato persuasif, 42,5% siswa mengalami kendala ketika menganalisis struktur dalam pembelajaran teks pidato persuasif, 45%) siswa mengalami kendala dalam memahami masalah yang diberikan guru dalam pembelajaran menulis teks pidato persuasif dengan menggunakan model pembelajaran inside-outside circle . Kata Kunci : Keterampilan menulis, teks pidato persuasif, Model IOC

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BAHAS & SASTRA INDONESIA
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 03 Sep 2022 03:33
Last Modified: 16 Sep 2022 02:58
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4455

Actions (login required)

View Item View Item