Aplikasi Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Sekolah Taman Kanak – Kanak Menggunakan Metode Finite State Machine Berbasis Android

Awaluddin Ikhsan, Aulia and Setyaningsih, Sri and Maryana, Sufiatul (2022) Aplikasi Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Sekolah Taman Kanak – Kanak Menggunakan Metode Finite State Machine Berbasis Android. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
BAB I .pdf

Download (99kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (101kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (141kB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (74kB)

Abstract

ABSTRAK Metode Pembelajaran yang digunakan hingga saat ini masih menerapkan metode pembelajaran yang bersifat konvesional. Proses pembelajaran menggunakan metode konvesional ini dapat menimbulkan siswa menjadi cepat bosan dan jenuh terhadap proses pembelajaran, lalu siswa pada jaman ini sudah mengenal yang namanya smartphone, terlebih lagi siswa lebih ingin bermain dengan smartphonenya di bandingkan memerhatikan guru, tidak hanya itu siswa juga susah di atur dalam penggunaan smartphonenya, lalu dalam penggunaan smartphonenya ini siswa hanya menonton video dan bermain game yang tidak ada unsur mendidik dalam media pembelajaran. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengatasi masalah tersebut dengan membuat software berupa game edukasi quiz dengan menerapkan metode finite state machine didalamnya, sehingga menghasilkan sebuah game edukasi quiz yang dapat membantu dan menyelesaikan permasalahan dalam proses pembelajaran pada anak TK periskatani. Penelitian ini dilaksanakan dengan mengikuti tahapan dari metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Berdasarkan hasil pengujian black box testing dan beta testing yang telah dilakukan bahwa game edukasi quiz yang berjudul gamtazle ini dapat digunakan dengan baik dan tidak ada kendala, serta game edukasi quiz ini mendapatkan hasil kuisioner dari anak TK periskatani sebesar 86% dengan nilai kategori sangat setuju dan 83% dari hasil kuisioner guru TK periskatani dengan nilai kategori setuju. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penelitian dengan menerapkan metode finite state machine pada game edukasi quiz yang berjudul gamtazle ini efektif untuk meningkatkan pembelajaran dan dapat membantu permasalah yang ada pada TK periskatani.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika > Ilmu Komputer
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Komputer
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNPAK
Date Deposited: 12 Sep 2022 07:34
Last Modified: 12 Sep 2022 07:34
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4923

Actions (login required)

View Item View Item