PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM Penelitian Tindakan Kelas Pada Kelas V Sekolah Dasar Negeri Ciampea 02 Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor Tahun Pelajaran 2017/2018

Mulyani, Sri and Sukmanasa, Elly and Ghani, Resyi A (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM Penelitian Tindakan Kelas Pada Kelas V Sekolah Dasar Negeri Ciampea 02 Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2018 PGSD SRI MULYANI.pdf

Download (146kB)

Abstract

Sri Mulyani 037114067. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, kelas V Sekolah Dasar Negeri Ciampea 02 Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan, Bogor 2018. Penelitian ini dengan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK). Dilaksanakan secara kolaboratif dan dua siklus. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada Siswa Kelas V melalui penerapan model pembelajaran Jigsaw, Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Ciampea 02 Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor sebanyak 27 siswa dengan komposisi laki-laki 10 siswa dan perempuan 17 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran siklus I memperoleh nilai rata-rata sebesar 63,0 siklus II memperoleh nilai rata-rata 72,41. Begitu pula dengan hasil observasi siswa menunjukkan adanya peningkatan rasa ingin tahu, percaya diri, kedisiplinan, kerjasama, dan tanggung jawab siswa dengan memperoleh nilai rata-rata 68 pada siklus I, pada siklus II memperoleh nilai rata-rata sebesar 82,30 terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebesar 14,30 dari siklus I ke siklus II. Hasil observasi keterampilan siswa menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada aspek keterampilan dengan nilai rata-rata pada siklus I 70,92 sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 80,65. Nilai rata-rata hasil belajar menunjukan adanya peningkatan yaitu pada siklus I memperoleh nilai 63 dengan tingkat ketuntasan belajar sebesar 48,1% dan pada siklus II memperoleh nilai 72,41 dengan tingkat ketuntasan belajar sebesar 81,5%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran kooperatif Jigsaw dapat Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas V Sekolah Dasar Negeri Ciampea 02 Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor dengan Moodel pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas serta keterampilan siswa dalam proses pembelajaran. Kata kunci: Hasil Belajar Siswa, pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, Jigsaw

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 12 Sep 2022 07:37
Last Modified: 15 Sep 2022 04:31
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4937

Actions (login required)

View Item View Item