PENGARUH KREATIVITAS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN Studi Kausal di Kelas IVSekolah Dasar Negeri Banjarsari 02 Kecamatan CiawiKabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran

Permatasari, Novie Indah and Rustandi, Yuyus and Novita, Lina (2017) PENGARUH KREATIVITAS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN Studi Kausal di Kelas IVSekolah Dasar Negeri Banjarsari 02 Kecamatan CiawiKabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2017 PGSD NOVIE INDAH PERMATASARI.pdf

Download (90kB)

Abstract

Novie Indah Permatasari. 037113185. Pengaruh Kreativitas Siswa Terhadap Hasil Belajar Mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, 2017. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif studi kausal. Tujuan penelitian ini, yaitu untuk mengetahui pengaruh kreativitas siswa terhadap hasil belajar Seni Budaya dan Keterampilan. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuesioner berskala lima untuk variabel kreativitas siswa dan pengambilan hasil tes Uji validitas instrumen kreativitas siswa dihitung menggunakan rumus koefisien Korelasi Product Moment Pearsondan untuk koefisien reliabilitas dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach. Populasi yang digunakan pada penelitian ini, yaitu seluruh siswa kelas IV SD Negeri Banjarsari 02 Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor yang berjumlah 66 siswa. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas IV A dan IV B berjumlah 40 siswa yang diperoleh menggunakan rumus Taro Yamane. Pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas lilieforsuntuk variabel kreativitas siswa dan hasil belajar mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan menunjukan bahwa Lhitung < Ltabel = 0,0993<0,0349 artinya kedua variabel tersebut berdistribusi normal. Setelah dari normalitas kemudian dilakukan pengujian homogenitas dengan uji Bartlett menggunakan bahwa Fhitung<Ftabel yaitu 183,9<11,05 yang berarti kedua variabel dari populasi berdistribusi homogen. Teknik analisis regresi dan korelasi sederhana menghasilkan suatu model hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu Ῠ = -5,259 + -5,18 bersifat signifikan. Kekuatan pengaruh kreativitas siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan koefisien determinasi (KD) = 0,964 menunjukan bahwa 96% hasil belajar mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan dapat dihasilkan dari adanya kreativitas siswa. Kemudian dilihat dari perhitungan semua data H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif kreativitas siswa terhadap hasil belajar Seni Budaya dan Keterampilan, yang menyatakan bahwa semakin baik dan tinggi kreativitas siswa maka akan semakin meningkat hasil belajar siswa. Kata Kunci : Kreativitas Siswa, Hasil Belajar Seni Budaya dan Keterampilan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 13 Sep 2022 02:57
Last Modified: 14 Sep 2022 08:00
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5030

Actions (login required)

View Item View Item