Putri, Indah Dwi Septiani and Kurnia, Dadang and Gani, Resyi Abdul (2018) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARANILMU PENGETAHUAN ALAM Studi Ini Dilakukan Dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri Cijujung 03 Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor Semester Gasal Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
Text
2018 PGSD INDAH DWI SEPTIANI PUTRI.pdf Download (81kB) |
Abstract
Penelitian ini dengan desain dan model Penelitian Tindakan Kelas, serta dilaksanakan secara kolaboratif dan dua siklus. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas III melalui model Discovery Learning. Subjek penelitian ini adalah siswa Sekolah Dasar Negeri Cijujung 03 kelas III yang terdiri dari 36 siswa, dengan komposisi 14 siswa perempuan dan 22 siswa laki-laki. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Hasil Penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata penilaian proses pembelajaran pada siklus I sebesar 71,5, dan siklus II 89,7 dengan indikator keberhasilannya yaitu 81, observasi perubahan sikap siswa siklus I 61,4, dan siklus II 88,1 dengan indikator keberhasilannya yaitu 81, ketuntasan hasil belajar siswa siklus I mencapai 63,8%, dan siklus II sebesar 88,9% indikator keberhasilannya yaitu 85% nilai KKM 70.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modelDiscovery Learningdapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III di Sekolah Dasar Negeri Cijujung 03 Kecamatan Sukaraja Kabupaten BogorSemester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019. Kata kunci: Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam, Discovery Learning
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK |
Date Deposited: | 13 Sep 2022 03:10 |
Last Modified: | 15 Sep 2022 03:44 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5095 |
Actions (login required)
View Item |