Prandini, Marliana and Sumardi and Hidayat, Rais (2018) Penelitian dengan Pendekatan Korelasional Pada Kelas VA dan VB di Sekolah Dasar Negeri 6 Nagrak Kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
Text
MARLIANA 037114359.pdf Download (79kB) |
Abstract
Marliana Prandini. 037114389. Hubungan Antara Self Efficacy dengan Kemandirian Belajar Siswa pada siswa kelas VA dan VB Sekolah Dasar Negeri 6 Nagrak Kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor Semester Genap tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara self efficacy dengan kemandirian belajar siswa. Penelitian ini merupakan studi korelasional, subyek penelitian ini berjumlah 95 siswa kelas VA dan VB Sekolah Dasar Negeri 6 Nagrak Kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor. Kemudian diambil sampel sebanyak 49 siswa yang diperoleh dengan menggunakan rumus Taro Yamane. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner angket berupa skala likert untuk self efficacy dan kemandirian belajar siswa. Uji validitas instrumen dihitung menggunakan rumus koefisien Product Moment Pearson dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil pengujian persyaratan analisis pada uji normalitas menggunakan uji Liliefors menunjukkan hasil Lhitung = 0,100393 < Ltabel = 0,126571 yang berdistribusi normal. Pada pengujian homogenitas dengan menggunakan uji Fisher, hasilnya menunjukkan Fhitung = 0,48 < Ftabel= 1,98 yang bersifat homogen. Hasil penelitian ini menunjukkan hubungan positif dan signifikan antara self efficacy dengan kemandirian belajar siswa dengan koefisiensi korelasi sebesar 0,79 yang dikategorikan kuat. Adanya hubungan yang fungsional antara self efficacy dengan kemandirian belajar siswa dinyatakan melalui persamaan regresi Ŷ= 14,10 + 0,78x dengan hasil koefisien determinasi r2 = 0,62 yang menunjukkan bahwa self efficacy berkontribusi sebesar 62% terhadap kemandirian belajar siswa, sedangkan 38% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci : self efficacy, kemandirian belajar siswa, korelasi
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK |
Date Deposited: | 13 Sep 2022 05:26 |
Last Modified: | 15 Sep 2022 02:12 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5129 |
Actions (login required)
View Item |