PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SUBTEMA INDAHNYA KERAGAMAN BUDAYA NEGERIKU Studi Kurikulum 2013 dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas IV-A Sekolah Dasar Negeri Cimandala 02 Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018

Soleha, Astri Oktavia and Sukmanasa, Elly and Mulyawati, Yuli (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SUBTEMA INDAHNYA KERAGAMAN BUDAYA NEGERIKU Studi Kurikulum 2013 dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas IV-A Sekolah Dasar Negeri Cimandala 02 Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2018 PGSD ASTRI O.pdf

Download (65kB)

Abstract

ABSTRAK Astri Oktavia Soleha. 037114381. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Subtema Indahnya Keragaman Budaya Negeriku. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2018. Penelitian ini dengan desain pendekatan penelitian tindakan kelas serta dilaksanakan dengan kolaboratif dan tiga siklus. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar subtema indahnya keragaman budaya negeriku pada peserta didik kelas IV-A Sekolah Dasar Negeri Cimandala 02 Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor yang terdiri dari 23 peserta didik, dengan komposisi peserta didik yaitu 11 laki- laki dan 12 perempuan. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap sosial peserta didik mengalami peningkatan, terlihat pada siklus I yaitu 69, siklus II yaitu 77, dan siklus III yaitu 83 dengan interpretasi sangat baik. Ketuntasan hasil belajar aspek pengetahuan, yaitu pada siklus I mencapai 52%, siklus II mencapai 70% dan siklus III mencapai 87% dengan interpretasi sangat baik dengan rata-rata nilai peserta didik pada siklus I yaitu 65, siklus II yaitu 71 dan siklus III yaitu 81. Hasil belajar aspek keterampilan, yaitu pada siklus I mencapai 78, siklus II mencapai 82 dan siklus III mencapai 88 dengan interpretasi sangat baik. Pelaksanaan proses pembelajaran juga mengalami peningkatan terlihat dari siklus I yaitu 77,5, siklus II yaitu 83,5 dan siklus III 89,5 dengan interpretasi sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar subtema indahnya keragaman budaya negeriku dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar subtema indahnya keragaman budaya negeriku pada peserta didik kelas IV A Sekolah Dasar Negeri Cimandala 02 Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor Semester Genap tahun pelajaran 2017/2018. Kata kunci : Hasil belajar, model pembelajaran discovery learning, subtema indahnya keragaman budaya negeriku.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 13 Sep 2022 07:59
Last Modified: 15 Sep 2022 01:54
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5146

Actions (login required)

View Item View Item