Maulidina, Lisa and Mahajani, Tri and Chodijah, Siti (2022) ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN HURUF KAPITAL DAN TANDA BACA DALAM TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 KOTA BOGOR. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
Text
Lisa Maulidina_032118116.pdf Download (69kB) |
Abstract
ABSTRAK Lisa Maulidina. 032118116. Analisis Kesalahan Penggunaan Huruf Kapital dan Tanda Baca dalam Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Kota Bogor. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dra. Tri Mahajani, M.Pd. dan Siti Chodijah, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan penggunaan huruf kapital dan tanda baca dalam teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kota Bogor serta untuk mendeskripsikan frekuensi tipe kesalahan yang terdapat dalam teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 5 Bogor. Fokus permasalahan dalam penelitian ini, yaitu kesalahan huruf kapital, tanda baca titik, tanda baca koma, tanda baca hubung, tanda baca garis miring, dan tanda baca kurung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode ini digunakan untuk memaparkan data yang ditemukan secara deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kota Bogor dengan 48 teks siswa sebagai sumber datanya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan simak catat. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan metode triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian pada teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kota Bogor ditemukan data kesalahan penggunaan huruf kapital dan tanda baca sebanyak 365 data. Dari hasil penelitian tersebut dapat diketahui bahwa kesalahan yang paling banyak dilakukan oleh siswa dalam menulis teks deskripsi adalah kesalahan penggunaan huruf kapital sebanyak 235 data (64,4%), sedangkan kesalahan penggunaan tanda baca sebanyak 130 data (35,6%). Kesalahan penggunaan huruf kapital yang paling banyak ditemukan adalah kesalahan penggunaan huruf kapital pada nama geografi sebanyak 103 data (43,8%) dan kesalahan penggunaan tanda baca yang paling banyak ditemukan adalah kesalahan penggunaan tanda baca koma sebanyak 70 data (53,8%). Kesalahan terjadi karena masih banyak siswa yang belum memahami dan menguasai kaidah ejaan yang baik dan benar serta siswa kurang teliti dan kurang memperhatikan penggunaan huruf kapital dan tanda baca dalam menulis. Kata kunci: kesalahan berbahasa, huruf kapital, tanda baca, teks deskripsi
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BAHAS & SASTRA INDONESIA |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK |
Date Deposited: | 13 Sep 2022 07:54 |
Last Modified: | 15 Sep 2022 01:57 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5163 |
Actions (login required)
View Item |