Rohmah, Aulia and Rostikawati, Teti and Kumiasih, Surti (2018) ANALISIS LITERASI SAINS DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI SISWA SMA NEGERI 1 CIAMPEA. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
Text
2018 P.BIO Aulia Rohmah.pdf Download (83kB) |
Abstract
AULIA ROHMAH. 036114016. AnalisisLiterasi Sains dalam Pembelajaran Biologi Siswa SMA Negeri 1 Ciampea. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Dibawah bimbingan Dra. R.Teti Rostikawati, M.Si, dan Dr. Surti Kurniasih, M.Si. Penelitian ini merupakan penelitian mixed method-exploratory. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan literasi sains (variabel dependen) dengan faktor dominan (variabel independen) yang ada dilapangan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April hingga Juli 2018. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Ciampea tahun akademik 2017/2018. Teknik pengambilan sampel menggunakan proporsionalrandom sampling. Sampel sebanyak 130 siswa.Berdasarkan hasil wawancara didapatkan variabel temuan yaitu pendekatan saintifik (X1) dan sikap ilmiah (X2). Setelah dilakukan uji korelasi product moment persondidapatkan hasil bahwa terdapat hubungan positif dalam kategori sedang antara X1dengan Y ditunjukkan oleh koefisien korelasi ry1 = 0,585 dan hubungan positif kategori kuat antara X2 dengan Y ditunjukan oleh koefisien korelasi ry2=0,617. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa faktor dominan yang mempengaruhi literasi sains adalah pendekatan saintifik (X1) dan sikap ilmiah (X2). Variabel temuan X1memiliki hubungan positif kategori sedang dengan variabel Y sedangkan variabel temuan X2 memiliki hubungan positif kategori kuat dengan literasi sains (Y). Kata kunci : Pendektan Saintifik, Sikap Ilmiah, Literasi Sains.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BIOLOGI |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK |
Date Deposited: | 14 Sep 2022 04:03 |
Last Modified: | 15 Sep 2022 00:58 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5194 |
Actions (login required)
View Item |