ANALISIS DAMPAK PASCA SERTIFIKASI GURU Studi Kasus dengan Pendekatan Penelitian Kualitatif di SekolahDasarNegeriBojongrangkas 02 Kecamatan Ciampea Kabupaten BogorSemester GenapTahunPelajaran 2015/2016

Hasanah, Amiratul and Tampubolon, Saur.M and Patras, Yuyun Elizabeth (2016) ANALISIS DAMPAK PASCA SERTIFIKASI GURU Studi Kasus dengan Pendekatan Penelitian Kualitatif di SekolahDasarNegeriBojongrangkas 02 Kecamatan Ciampea Kabupaten BogorSemester GenapTahunPelajaran 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2016 PGSD Amiratul Hasanah.pdf

Download (118kB)

Abstract

Amiratul Hasanah. 037112434. Analisis Dampak Pasca Sertifikasi Guru. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor 2016. Studi kasus ini dengan penelitian kualitatif. Prosedur pengumpulan dan perekaman data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dalam reduksi data, penyajian data, dan verifikasi (penarikan kesimpulan). Peneliti menggunakan uji kredibilitas, transferabilitas, depenabilitas, dan konfirmabilitas untuk memperoleh keabsahan data. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan temuan pada kompetensi profesional guru dan perbaikan proses pembelajaran pasca sertifikasi di Sekolah Dasar Negeri Bojongrangkas 02 Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor. Subyek penelitian ini adalah tiga orang guru yang telah di sertifikasi di Sekolah Dasar Negeri Bojongrangkas 02 Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Hasil penelitian dari kompetensi profesional menunjukkan bahwa guru mampu menguasai landasan kependidikan, mampu menangani kemampuan peserta didik yang berbeda-beda, mampu menyusun program pembelajaran, mampu melaksanakan unsur penunjang yang ada di sekolah, mampu memahami materi pelajaran, mampu melaksanakan evaluasi pembelajaran, dan mampu menumbuhkan kepribadian peserta didik. Di sisi lain guru masih membutuhkan bimbingan untuk memudahkan dalam menyampaikan materi, dalam menggunakan strategi dan media pembelajaran yang relevan, dan dalam merefleksi diri. Sedangkan dari hasil perbaikan proses pembelajaran menunjukan bahwa rata-rata guru sudah baik dalam melaksanakan kegiatan pra pembelajaran, dalam menguasai materi, dalam berbahasa, dalam melakukan penilaian pembelajaran. Di sisi lain guru masih membutuhkan bimbingan dalam mencari strategi pembelajaran yang relevan, dalam memanfaatkan media pembelajaran, dalam menumbuhkan partisipasi aktif dan antusiasme peserta didik, dan dalam melakukan kegiatan penutup pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa program sertifikasi sangat bermanfaat sekalipun guru masih membutuhkan pembinaan karena kenyataan di lapangan masih adanya kekurangan yang harus ditangani terutama dari aspek kompetensi profesional dan perbaikan proses pembelajaran. Kata kunci: Sertifikasi guru, Kompetensi profesional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 14 Sep 2022 04:46
Last Modified: 15 Sep 2022 01:21
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5232

Actions (login required)

View Item View Item