PERBEDAAN PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA PERKEMBANGAN TEKNOLOGI Pendekatan Penelitian Eksperimen Kuasi Pada Peserta Didik Kelas III Sekolah Dasar Negeri Ciparigi Kota Bogor Tahun Pelajaran 2020/2021

Mustafa, Muhamad Agung and Sukmanasa, Elly and Safitri, Nurlinda (2021) PERBEDAAN PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA PERKEMBANGAN TEKNOLOGI Pendekatan Penelitian Eksperimen Kuasi Pada Peserta Didik Kelas III Sekolah Dasar Negeri Ciparigi Kota Bogor Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2021PGSD AGUNG.pdf

Download (101kB)

Abstract

ABSTRAK Muhamad Agung Mustafa, 037117079. Perbedan Penerapan Model Problem Based Learning dengan Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Perkembangan Teknologi. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, 2021. Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen. Penelitian Ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar subtema Perkembangan Teknologi melalui model Problem Based Learning dan Discovery Learning. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Ciparigi Kota Bogor Kelas III A, III B, dan III C pada bulan April sampai Mei semester genap. Perhitungan N-Gain model Problem Based Learning sebesar 76 dengan kriteria tinggi, nilai N-Gain model Discovery Learning sebear 79 dengan kriteria sangat tinggi, dan nilai N-Gain model konvensional sebesar 57 dengan kriteria tinggi. Sehingga N-Gain pada kelas eksperimen dengan model Discovery Learning lebih besar dibandingkan dengan kelas eksperimen dengan model Problem Based Learning maupun kelas kontrol dengan model konvensional. Peneliti juga melakukan uji normalitas dengan uji lilliefors ketiga sampel berdistribusi normal karena nilai ketiga sampel lebih kecil dari Ltabel. Pada kelompok kelas Problem Based Learning didapat nilai Lhitung ≤ Ltabel yaitu 0,052 ≤ 0,173, pada kelompok kelas Discovery Learning di dapat nilai Lhitung ≤ Ltabel yaitu 0,087 ≤ 0,173, dan pada kelompok kelas kontrol di dapat nilai Lhitung ≤ Ltabel yaitu 0,058 ≤ 0,173. Kemudian pada uji homogenitas data tersebut bersifat homogen karena lebih kecil dari X2tabel, didapatkan nilai 1,739 ≤ 5,991. Selanjutnya pada uji hipotesis didaptkan thitung sebesar 2,5 lebih besar dari ttabel sebesar 2,02108, menunjukkan bahwa H0 (hipotesis nol) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat dinyatakan bahwa model Problem Based Learning danDiscovery Learning memiliki perbedaan terhadap hasil belajar subtema Perkembangan Teknologi, dengan kata lain bawa model Discovery Learning lebih efektif daripada model Problem Based Learning pada subtema Perkembangan Teknologi. Kata Kunci: Problem Based Learning, Discovery Learning, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 26 Aug 2022 12:53
Last Modified: 26 Aug 2022 12:53
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/524

Actions (login required)

View Item View Item