PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA SUMBER ENERGI MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING Studi kurikulum 2013 dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV-A Sekolah Dasar Negeri Cimpaeun 3 Tapos Depok Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019

Ambarwati, Kustira and Badruzzaman, Nedin and Sundari, Fitri Siti (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA SUMBER ENERGI MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING Studi kurikulum 2013 dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV-A Sekolah Dasar Negeri Cimpaeun 3 Tapos Depok Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2018 bio mutia intan.pdf

Download (70kB)

Abstract

Penelitian ini dengan desain dan model Penelitian Tindakan Kelas dan dua siklus. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar pada subtema sumber energi dengan pendekatan saintifik melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV-A yang terdiri dari 32 siswa, pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 Sekolah Dasar Negeri Cimpaeun 3. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kualitas proses pelaksanaan pembelajaran di kelas pada siklus I dengan nilai rata-rata 77, dan siklus II dengan nilai rata-rata 90 artinya penilaian kualitas proses pelaksanaan pembelajaran di kelas setiap siklus meningkat atau berhasil. Begitupula dengan hasil ketuntasan belajar siswa siklus I nilai yang diperoleh sebesar 56,25% dengan nilai rata-rata 71, dan pada siklus II nilai yang diperoleh 88% dengan nilai rata-rata 77. Hal tersebut dapat dikatakan bahwa penilaian ketuntasan hasil belajar siswa sudah berhasil dengan indikator keberhasilan sebesar 80% dan berhasil mencapai KKM 72. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar subtema sumber energi dengan pendekatan saintifik melalui model pembelajaran Discovery Learning dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV-A Sekolah Dasar Negeri Cimpaeun 3 Kecamatan Tapos Kota Depok Semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Kata kunci: Hasil Belajar, Saintifik, Subtema Sumber Energi, Discovery Learning.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 22 Sep 2022 07:25
Last Modified: 22 Sep 2022 07:25
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5471

Actions (login required)

View Item View Item