Strategi Pemasaran Telkomsel dalam Peluncuran Kartu Loop untuk Menjangkau Kepuasan Anak Muda

fauzi, andre and Adinugroho, Prasetyo and Muslim, Muslim (2021) Strategi Pemasaran Telkomsel dalam Peluncuran Kartu Loop untuk Menjangkau Kepuasan Anak Muda. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
ANDRE FAUZI - 044117024 - ilmu komunikasi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Strategi pemasaran adalah rencana yang menyeluruh terpada dibidang pemasaran dan target pemasaran dalam mencapai tujuan bersama melalui bauran pemasaran yang meliputi strategi Produk (Proshien), Harga (Price), Tempat (Place). dan Promosi (Promotion). Kartu LOOP merupakan kartu prabayar yang di luncurkan Telkomsel pada tahun 2014. Loop menargetkan pasar pada usia 12-19 tahum, hal itu dapat dilibat melahi bentuk kartu perdana yang trensi ala-ala masa kini serta tagline nya "Ini kita 1" pun memperjelas bahwa kartu perdana 1.000 ini "Merakyat" dan cocok dibeli oleh anak muda yang cukup identik dengan yang namanya keterbatasan dana. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan Telkomsel dalam menjangkau kepuasan anak muda. Strategi apa yang paling berperan penting dari bauran pemasaran yang digunakan Telkomsel untuk menjangkau kepuasan anak muda. Manfaat penelitian secara akademis sebagai bahan pengembangan dalam bidang pengetahuan dan wawasan bagi peneliti tentang aplikasi teori-teori mengenai strategi pemasaran Telkomsel dalam peluncuran kartu LOOP unutk menjangkau kepuasan anak muda, dan sebagai baban untuk memberikan sumbangsih bagi Telkomsel untuk melihat strategi pemasaran. Sifat penelitian ini adalah Deskriptif data yang diperoleh melalui metode penelitian yang bersifat Deskriptif data yang diperoleh melalui metode Interview, Observasi, Dokumentasi, dan Analisis data yang diperoleh secara kualitatif disimpulkan dengan cara berfikir induktif. Hasil temuan dari analisis data yang peneliti peroleh adalah bahwa dalam strategi pemasaran yang diterapkan telkomsel ini menggunakan strategi bauran pemasaran (Marketing mix) yang meliputi strategi produk (product) yaitu dengan kartu kartu prabayar yang menargetkan pasar pada usia 12-19 tahun. Strategi harga (Price) yaitu harga yang terjangkau dapat dibeli oleh semua kalangan atas dan menengah. Strategi tempat (Place) yaitu mempunyai target tempat yang mudah dijangkau konsumen dan penambahan outlet-outlet/gerai dalam sebuah event atau di sekolah sekolah. Strategi promosi (Promotion) yakni mengikuti banyak event-event dan banyak kegiatan yang terdapat peluang penjualan nya. Sedangkan upaya untuk meningkatkan penjualan nya Telkomsel menggunakan strategi promosi dan strategi produk dengan mengikuti banyak event-event, sedangkan strategi produk Telkomsel sangat mengutamakan inovasi pada produk dan kualitas produk yang tinggi sehingga akan menambah kepuasan konsumen dengan begitu maka konsumen akan ingin kembali untuk membeli produk dari Telkomsel

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya > ILMU KOMUNIKASI
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya > ILMU KOMUNIKASI > Manajemen Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Budaya > Ilmu Komunikasi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU BUDAYA UNPAK
Date Deposited: 30 Sep 2022 03:46
Last Modified: 05 Oct 2022 07:40
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5673

Actions (login required)

View Item View Item