PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA PEKERJAAN DI SEKITARKU (Studi Kurikulum 2013 Melalui Pendekatan Penelitian Eksperimen Quasi Desain 2 Kelas pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Lawanggintung 2 Kota Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022)

Sriheryani, Novia (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA PEKERJAAN DI SEKITARKU (Studi Kurikulum 2013 Melalui Pendekatan Penelitian Eksperimen Quasi Desain 2 Kelas pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Lawanggintung 2 Kota Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022). Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
SKRIPSI NOVIA S.fix (037117123) bismillah.pdf

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Novia Sriheryani. 037117123. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Pekerjaan Di Sekitarku. Pendekatan yang diambil adalah eksperimen quasi desain dua grup di Sekolah Dasar Negeri Lawanggintung 02 Kota Bogor. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas IVA dan IVB sebanyak 44 orang, penelitian ini dilakukan pada bulan Desember semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh “Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Pekerjaan Di Sekitarku”. Hal ini terlihat dari nilai N�gain pada kelompok kelas eksperimen sebesar 79, sedangkan ketuntasan hasil belajar yang diperoleh kelompok ekperimen sebesar 90,9%, sedangkan pada kelas kontrol mendapatkan nilai N-gain sebesar 60. Ketuntasan hasil belajar yang diperoleh kelompok kontrol sebesar 40,9%. Serta hasil pengujian hipotesis bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung (4,632) > ttabel (2,01808). Dengan ini dapat disimpulkan bahwa penelitian ini memiliki pengaruh positif dan signifikan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan baru mengenai penerapan model pembelajaran yang inovatif dan dapat meningkatkan hasil belajar. Kata Kunci : Hasil Belajar, Problem Based Learning, Konvensional

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 04 Nov 2022 07:22
Last Modified: 04 Nov 2022 07:22
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6010

Actions (login required)

View Item View Item