PENERAPAN MODEL PEMB ELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN Studi ini dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V A Sekolah Dasar Negeri Ciheuleut 2 Kecamatan Bogor Timur Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018

Afriska, Ria (2018) PENERAPAN MODEL PEMB ELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN Studi ini dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V A Sekolah Dasar Negeri Ciheuleut 2 Kecamatan Bogor Timur Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
SKRIPSI RIA.docx

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Ria Afriska 037113035. Penerapan Model Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas V A SDN Ciheleut 2 Kecamatan Bogor Timur Kota Bogor. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pakuan, Bogor, 2018. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti, observer, dan subyek yang diteliti. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas V melalui penerapan model pembelajaran Make a Match. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Ciheuleut 2 Kota Bogor yang terdiri dari 32 siswa, dengan komposisi 19 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan tiga siklus, pada siklus satu, siklus dua dan siklus tiga terdiri dari empat tindakan utama yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil Penelitian ini menunjukan penilaian pelaksanaan pembelajaran pada siklus I sebesar 69,5, siklus II 76,5 meningkat 7 dan siklus III 86,5 meningkat 10 indikator keberhasilannya yaitu 80, observasi perubahan sikap siswa siklus I 61,3, siklus ll 75,3 meningkat 14 dan siklus III 87,75 meningkat 12,45 indikator keberhasilannya 80, observasi perubahan keterampilan siswa pada siklus l 60,47, siklus ll 76,89 meningkat 16,42 indikator keberhasilannya yaitu 80, ketuntasan hasil belajar pada siklus I mencapai 72%, siklus II mencapai 81,25% meningkat sebesar 9,25% dan pada siklus III mencapai 87,50 meningkat 8,25% indikator keberhasilan nya yaitu 85% nilai KKM 72. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Ciheuleut 2 Kecamatan Bogor Timur Kota Bogor semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Kata kunci; Hasil Belajar; Model Pembelajaran Make a Match; Pendidikan Kewarganegaraan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 18 Nov 2022 01:46
Last Modified: 18 Nov 2022 01:46
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6172

Actions (login required)

View Item View Item