PENGARUH PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP KEAKTIFAN SISWA Studi dengan Pendekatan Kausal pada Siswa Kelas V di Lima Sekolah Dasar di Wilayah Gugus V Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018

Nurfauziah, Anisa (2018) PENGARUH PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP KEAKTIFAN SISWA Studi dengan Pendekatan Kausal pada Siswa Kelas V di Lima Sekolah Dasar di Wilayah Gugus V Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Skripsi.pdf

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK Anisa Nurfauziah.037113262. Pengaruh Pemberian Reward dan Punishment Terhadap Keaktifan Siswa.Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan. Bogor. 2018. Penelitian ini menggunakan studi kausal melalui pendekatan kuantitatif yang dilakukan pada siswa kelas V di Lima Sekolah Dasar di Willayah Gugus V Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor dengan jumlah populasi sebanyak 431 siswa. Sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Jumlah sampel dari perhitungan rumus adalah sebanyak 207 siswa.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Pemberian Reward dan Punishment Terhadap Keaktifan Siswa. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan angket berskala lima untuk kedua variabel. Uji prasyarat analisis data berupa uji normalitas menggunakan uji Liliefors, uji homogenitas menggunakan metode Fisher, dan uji sigifikansi menggunakan thitung. Teknis analisis regresi dan korelasi sederhana menghasilkan suatu model hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi linier Ŷ = 97,0 + 0,21X. berdasarkan uji t diperoleh thitung> ttabel sebesar 2,4688 > 1,962 menunjukan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yang diartikan terdapat pengaruh positif pemberian reward dan punishment terhadap keaktifan siswa. Adapun kekuatan hubungan ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar rxy = 0,157 termasuk kategori sangat rendah dan harga determinasi sebesar 16% yang berarti reward dan punishment berkontribusi terhadap keaktifan siswa. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan keaktifan siswa maka dalam proses kegiatan belajar mengajar bisa dilakukan pemberian Reward dan Punishment pada siswa kelas V di Lima Sekolah Dasar di Willayah Gugus V Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor. Kata kunci :Reward dan Punishment, Keaktifan Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 18 Nov 2022 01:46
Last Modified: 18 Nov 2022 01:46
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6176

Actions (login required)

View Item View Item