PENGARUH PERSEPSI KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PERILAKU AGRESIF SISWA Studi dengan Pendekatan Penelitian Kausal di Kelas IV A, IV B dan IV C Sekolah Dasar Negeri Kencana 2 Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018

Nur Mutia, Rabayani (2018) PENGARUH PERSEPSI KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PERILAKU AGRESIF SISWA Studi dengan Pendekatan Penelitian Kausal di Kelas IV A, IV B dan IV C Sekolah Dasar Negeri Kencana 2 Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
1. COVER.docx

Download (47kB)
[img] Text
1. LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.docx

Download (18kB)
[img] Text
4. ABSTRAK INDO.docx

Download (18kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (21kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (47kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (53kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (145kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (19kB)

Abstract

ABSTRAK Rabayani Nur Mutia. 037114313. Pengaruh Persepsi Kecerdasan Emosional Terhadap Perilaku Agresif Siswa. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2018. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Dilakukan dengan metode survey dengan pendekatan analisis jalur. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi kecerdasan emosional terhadap perilaku agresif siswa. Obyek penelitian ini adalah siswa SD Negeri Kencana 2 Kota Bogor kelas IV yang terdiri dari tiga rombongan belajar dengan jumlah siswa sebanyak 120 siswa. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh persepsi kecerdasan emosional terhadap perilaku agresif siswa ditunjukan dengan analisis statistik yang menghasilkan koefisien jalur (pxy) sebesar -0,575. Ini menunjukan adanya pengaruh antara persepsi kecerdasan emosional terhadap perilaku agresif siswa, sedangkan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,330 atau sebesar 33,1% . Sisanya sebanyak 66,9% ditentukan oleh faktor lain. Rata-rata perilaku agresif siswa sebesar 33,1% ditentukan oleh persepsi kecerdasan emosional siswa melalui persamaan regresi Ŷ =-1,1+0,8X , artinya setiap kenaikan unit nilai persepsi kecerdasan emosional akan menyebabkan penurunan perilaku agresif sebesar 0,8 unit. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang negatif antara persepsi kecerdasan emosional terhadap perilaku agresif siswa kelas IV SD Negeri Kencana 2 Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018. Kata kunci : Persepsi Kecerdasan Emosional, Perilaku Agresif, Analisis Jalur

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 18 Nov 2022 01:45
Last Modified: 18 Nov 2022 01:45
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6195

Actions (login required)

View Item View Item