Ratri Anggraeni, Dwi (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE Studi ini dengan PendekatanPenelitian Tindakan Kelas pada kelas IV Sekolah Dasar Negeri Cikereteg 1 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
Text
COVER.docx Download (89kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI-1.docx Download (19kB) |
|
Text
ABSTRAK.docx Download (16kB) |
|
Text
BAB 1 revisi.docx Download (27kB) |
|
Text
BAB II FIX BARU EDIT.docx Download (81kB) |
|
Text
BAB III SKRIPSI DWI.docx Download (81kB) |
|
Text
BAB 4 DWI FIX.docx Download (186kB) |
|
Text
BAB V dwi.docx Download (19kB) |
Abstract
ABSTRAK Dwi Ratri. NPM 037114264. “Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Penarapan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2018. Peneliti ini dengan desain dan model Penelitian Tindakan Kelas, serta dilaksanakan secara kolaboratif dan dua siklus. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan pebaikan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Cikereteg 1 yang terdiri dari 28 siswa, dengan kompisisi perempuan 10 siswa dan laki-laki 18 siswa . Pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siklus I memperoleh nilai 72,98% atau ketuntasan hasil belajar 71,42% sedangkan siklus II memperoleh nilai 79,87% atau ketuntasan hasil belajar 85,72% artinya penelitian di siklus II sudah berhasil. Begitu pula dengan penilaian kualitas proses pembelajaran pada siklus I sebesar 73,00% dan di siklus II sebesar 83,95%. Sedangkan hasil observasi siswa menunjukan adanya peningkatan pada sikap berupa keaktifan, kerjasama dan kedisiplinan dengan memperoleh nilai pada siklus I yaitu 70,82 , sedangkan siklus II memperoleh nila 83,21. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat di simpulkan bahwa Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Penarapan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaran di kelas IV SD Negeri Cikereteg 1 kecamatan Caringin Kabupaten Bogor Semester Genap tahun pelajaran 2017/2018. Selain itu, dapat meningkatkan partisipasi aktif dan kedisiplinan siswa Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share , Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran, Pendidikan Kewarganegaraan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK |
Date Deposited: | 19 Nov 2022 01:33 |
Last Modified: | 19 Nov 2022 01:33 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6211 |
Actions (login required)
View Item |