PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER Penelitian Eksperimen Quasi Pada Siswa Kelas VA, VB, dan VC Sekolah Dasar Negeri Kencana 2 Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018

Selviana, Selviana (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER Penelitian Eksperimen Quasi Pada Siswa Kelas VA, VB, dan VC Sekolah Dasar Negeri Kencana 2 Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.docx

Download (16kB)
[img] Text
COVER.docx

Download (90kB)
[img] Text
COVER.docx

Download (90kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (28kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (74kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (161kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (326kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (21kB)

Abstract

ABSTRAK Lisa Selviana. 037114125. Perbedaan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Division dan Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif student teams achievement division dan model pembelajaran kooperatif numbered heads together. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kencana 2 pada siswa kelas VA, VB, dan VC semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika melalui model kooperatif student teams achievement division dan melalui model pembelajaran konvensional. Hal ini dilihat dari rata-rata N-Gain model pembelajaran kooperatif student team achievement division sebesar 59,42 dan model pembelajaran konvensional sebesar 46,65. Hasil pengujian hipotesis menyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung > 1,99601 yaitu 3,659 > 1,99601. Terdapat perbedaan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif numbered heads together dengan model pembelajaran konvensional. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata N-Gain model pembelajaran kooperatif numbered heads together sebesar 70,69 dan model pembelajaran konvensional sebesar 46,65. Hasil pengujian hipotesis menyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena karena thitung > 1,99601 yaitu 5,950 > 1,99601. Terdapat perbedaan hasil belajar matematika melalui model kooperatif student teams achievement division dan melalui model pembelajaran kooperatif numbered heads together. Hal ini dilihat dari rata-rata N-Gain model pembelajaran kooperatif student team achievement division sebesar 59,42 dan model pembelajaran kooperatif numbered heads together sebesar 70,69. Hasil pengujian hipotesis menyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena karena thitung < -1,9944 yaitu -3,544 < -1,9944. Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif student teams achievement dan model pembelajaran kooperatif numbered heads together. Kata kunci: Hasil Belajar Matematika, Student Teams Achievement Division, Numbered Heads Together

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 25 Mar 2023 01:58
Last Modified: 25 Mar 2023 01:58
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6290

Actions (login required)

View Item View Item