Upaya Peningkatan Efektivitas Pelaksanaan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan di Kelompok Kerja Guru Madrasah Sekota Cilegon melalui Evaluasi Program Menggunakan Model CIPP

Musafiroch, Zaitty and Retnowati, Rita and Setyaningsih, Sri (2021) Upaya Peningkatan Efektivitas Pelaksanaan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan di Kelompok Kerja Guru Madrasah Sekota Cilegon melalui Evaluasi Program Menggunakan Model CIPP. disertasi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text (cover-abstrak)
1.pdf

Download (2MB)
[img] Text (bab i)
2.pdf

Download (730kB)
[img] Text (daftar pustaka)
3.pdf

Download (805kB)

Abstract

Guru Madrasah merupakan aspek penting yang memiliki peran penting dalam keberhasilan pendidikan dimadrasah. Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan ("PKB") adalah pengembangan kompetensi yang dilakukan guru sesuai kebutuhan, bertahap, dan berkelanjutan sehingga dapat meningkatkan profesionalitasnya. PKB guru merupakan tuntutan dari Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya se1anjutnya untuk menguatkan Pelaksanaan program PKB. Kementerian Agama mengeluarkan peraturan untuk guru Madrasah yaitu Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2018 Tentang Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru Penelitian ini disusun menggunakan metode kualitatif, pendekatan evaluasi dengan model CIPP yang dikembangkan Stuffle Beam (komperhensif, holistic, Sistemik, dan sistematis) dipilihnya model ini supaya mendapatkan hasil yang lebih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan dari evaluasi komponen konteks dalam perumusan kebijakan, pencapaian tujuan, Penetapan sasaran, program PKB guru sangat baik, dan tetap dipertahankan. Hasil evaluasi komponen input tentang peuilaian persiapan kegiatan program menyangkut: perencanaan kegiatan, prosedur mekanisme, struktur organisasi, monitoring dan quality ansurance, struktur organisasi, Fasilitator dan nara sumber, sarana prasarana serta dukungan anggaran kegiatan program menunjukkan mayoritas pada kategori "baik dan tetap dapat dipertahankan,. Hasil evaluasi komponen proses tentang penilaian pelaksanaan kegiatan program menyangkut: pelaksanaan programJimplementasi perencanaan kegiatan, prosedur proses pembe1ajaran, monitoring evaluasi dan penjaminan mutu, menunjukkan mayoritas pada kategori "baik dan tetap dapat dipertahankan", evaluasi komponen produk ten tang penilaian pelaksanaan kegiatan program menyangkut: output, outcome menunjukkan mayoritas pada kategori "baik" dan perIu adanya perhatian dan perbaikan pada hasil hard skills dan outcome pada program pengembangan keprofesian berkelanjutan. Penelitian menyimpulkan bahwa program PKB Guru Ke1ompok kerja guru madrasah Sekota Cilegon direkomendasikan untuk dilanjutkan dengan merealisasikan kriteria-kriteria yang belum tercapai. Hasil penelitian CIPP ini juga diperkuat dengan hasil penelitian CIPP dimana keberhasilan program pengembangan keprofesian berkelanjutan tidak hanya bertujuan pada tercapainya program itu saja tetapi lebih dari itu yaitu terpenuhinya adanya pengembangan keprofesian berkelanjutana melalui kelompok kerja yang dilakukan secara continyu agar sumberdaya manusia dan kompetensi guru madrasah meningkat dengan memberdayakan Ke1ompok kerja.

Item Type: Thesis (disertasi)
Subjects: Pascasarjana > MANAJEMEN PENDIDIKAN
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S3)
Depositing User: PERPUSTAKAAN PASCASARJANA UNPAK
Date Deposited: 26 Aug 2022 13:15
Last Modified: 26 Aug 2022 13:15
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/732

Actions (login required)

View Item View Item