ANALISIS KESULITAN BELAJAR DALAM MEMECAHKAN SOAL MATEMATIKA Penelitian Kualitatif Dengan Pendekatan Deskriptif Dikelas IV Sekolah Dasar Negeri Pengadilan 5 Kota Bogor Tahun Pelajaran 2020/2021

Shabrina, Gina and Kurnia, Dadang and Purnamasari, Ratih (2021) ANALISIS KESULITAN BELAJAR DALAM MEMECAHKAN SOAL MATEMATIKA Penelitian Kualitatif Dengan Pendekatan Deskriptif Dikelas IV Sekolah Dasar Negeri Pengadilan 5 Kota Bogor Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2020 PGSD GINA S.pdf

Download (151kB)

Abstract

Gina Shabrina. 037117031. Analisis Kesulitan Belajar Dalam Memecahkan Soal Matematika. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apa yang menyebabkan peserta didik mengalami kesulitan belajar matematika dalam memecahkan soal pada materi Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dan Faktor Persekutuan Tersebesar (FPB). Subjek dalam penelitian ini adalah enam peserta didik kelas IV-A Sekolah Dasar Pengadilan 5 Kota Bogor. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Metode penelitian ini deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan observasi, wawancara, tes instrument dan dokumentasi berupa foto. Berdasarkan hasil analisis terdapat beberapa kesulitan yang dialami peserta didik, diantaranya: 1). Kesulitan dalam mempersepsikan visual perhitungan soal ke dalam kehidupan sehari-hari, 2). Kesulitan dalam pemahaman bahasa matematika terutama dalam menentukan rumus yang harus digunakan untuk menyelesaikan soal, 3). Kesulitan berhitung khususnya dalam mengoperasikan perkalian serta pembagian, serta 4). Kesulitan dalam mentransfer pengetahuan ketika mendapatkan soal yang berbeda dari soal sebelumnya. Solusi dari masalah tersebut adalah dengan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengikuti pelajaran tambahan materi KPK dan FPB di luar jam sekolah dan juga untuk anak yang memiliki riwayat disleksia mendapatkan perhatian khusus dalam mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan video sebagai media pembelajaran. Kata – Kata Kunci : Kesulitan Belajar, Matematika, Materi KPK&FPB

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 26 Aug 2022 13:19
Last Modified: 26 Aug 2022 13:19
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/758

Actions (login required)

View Item View Item