Yuliyanti, Krisna and Nuradi, Nuradi and Ardianto Iskandar, Eka (2024) Analisis Penyelenggaraan Pelayanan Publik Dalam Sistem Pelayanan Terpadu Satu Pintu Pada Mal Pelayanan Publik Di Kota Bogor. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
Image
Cover.jpg Download (923kB) |
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (313kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (2MB) |
Abstract
Salah satu langkah awal dalam kegiatan pembangunan ekonomi adalah penanaman modal atau sering disebut dengan investasi. Dinamika penanaman modal, baik Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) ataupun Penanaman Modal Asing (PMA) memiliki pengaruh dalam pembangunan dan pertumbuhan ekonomi. Peningkatan investasi diyakini ikut andil dalam mendongkrak pembangunan suatu bangsa. Hal ini mengakibatkan setiap negara terus berupaya menciptakan iklim ekonomi yang baik untuk mendorong peningkatan investasi. Masyarakat umum sering mengeluhkan proses penanaman modal, perizinan dan non perizinan oleh aparatur pemerintah, termasuk di dalamnya proses yang berbelit-belit, tidak transparan dan perlu biaya ekstra. Mereka sering bulak- balik dari satu kantor ke kantor lain hanya untuk mengurus suatu layanan penanaman modal, perizinan dan non perizinan. Tentu saja hal ini membuat masyarakat menjadi merasa dipermainkan oleh pemerintah, sehingga kinerja pelayanan publik secara keseluruhan menjadi buruk termasuk dalam hal ketidakjelasan prosedur, biaya dan waktu. Merespon permasalahan yang ada, khususnya pemerintah di Kota Bogor telah melakukan berbagai inovasi guna terwujudnya good government untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pada pelayanan publik. Hal tersebut dijelaskan dalam Peraturan Wali Kota Bogor Nomor 39 Tahun 2019 tentang Mal Pelayanan Publik. Permasalahan yang diteliti yaitu bagaimana Implementasi penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu pada Mal Pelayanan Publik di Kota Bogor serta apa saja yang menjadi kendala atau hambatan dalam penyelenggaraan pelayanan publik dalam Sistem Pelayanan Terpadu Satu Pintu pada Mal Pelayanan Publik di Kota Bogor. Teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis dalam penelitian ini yaitu penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan dan dalam pengolahan data diolah secara kualitatif. Implementasi dalam sistem Pelayanan Terpadu Satu Pintu pada Mal Pelayanan Publik di kota Bogor masih belum optimal dan belum terlaksana dengan sempurna yang disebabkan penyelenggara tidak memenuhi prinsip dan standar pelayanan publik sebagaimana yang disebutkan dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. Investasi menurun menjadi hal yang krusial dalam pembangunan ekonomi, karena para investor atau penanaman modal merasa kota Bogor saat ini makin sedikit ruang terbuka hijau yang terbuka untuk kegiatan daya saing daerah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Hukum > Umum > Pelayanan Publik |
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS HUKUM UNPAK |
Date Deposited: | 16 Jul 2024 12:59 |
Last Modified: | 16 Jul 2024 12:59 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/7967 |
Actions (login required)
View Item |