Peningkatan Employee Engagement Melalui Penguatan Kesesuaian Pekerjaan, Pemberdayaan dan Motivasi (Studi Empiris Melalui Pendekatan Analisis Jalur pada Guru PNS SD Negeri di Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor)

Solihat, Euis Siti and Wulandari, Dian and Sumardi, Sumardi (2024) Peningkatan Employee Engagement Melalui Penguatan Kesesuaian Pekerjaan, Pemberdayaan dan Motivasi (Studi Empiris Melalui Pendekatan Analisis Jalur pada Guru PNS SD Negeri di Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor). Thesis thesis, Univ. Pakuan.

[img] Text
7. Euis Solihat.pdf

Download (2MB)

Abstract

Secara umum penelitian ini bertujuan untuk menemukan strategi cara-cara meningkatkan Employee Engagement pada Guru PNS Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Bogor Utara sehingga dapat menjadi masukan dan rekomendasi bagi pihak-pihak terkait, yaitu guru, kepala sekolah, pengelola sekolah, dan dinas pendidikan. Selain itu juga menemukan sintesis baru tentang Employee Engagement, kesesuaian kerja, pemberdayaan dan motivasi, penelitian ini dilakukan di jenjang SD Negeri karena guru PNS memiliki Employee Engagement yang berbeda dengan guru swasta. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan analisis jalur (path analysis). Populasi pada penelitian ini adalah guru PNS yang mengajar di 35 SDN Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor berjumlah 194 orang yang akan dijadikan sampel sebanyak 131 orang guru PNS. Berdasarkan hasil penghitungan diperoleh kesesuaian pekerjaan berpengaruh langsung positif terhadap employee engagement sebesar 0,213 atau 21,3%. Pemberdayaan berpengaruh langsung positif terhadap employee engagement sebesar 0,083 atau 8,3%. Motivasi berpengaruh langsung positif terhadap employee engagement sebesar 0,189 atau 18,9%. Kesesuaian pekerjaan berpengaruh langsung positif terhadap motivasi sebesar 0,233 atau 23,3%. Pemberdayaan berpengaruh langsung positif terhadap motivasi sebesar 0,384 atau 38,4%. Pengaruh tidak langsung variabel kesesuaian pekerjaan terhadap employee engagement melalui motivasi sebesar 0,044 atau 4,4 %. Pengaruh tidak langsung variabel pemberdayaan terhadap employee engagement melalui motivasi sebesar 0,073 atau 7,3%

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: Pascasarjana > ADMINISTRASI PENDIDIKAN
Divisions: Pascasarjana > Administrasi Pendidikan (S2)
Depositing User: PERPUSTAKAAN PASCASARJANA UNPAK
Date Deposited: 22 Oct 2024 02:06
Last Modified: 22 Oct 2024 02:06
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/8546

Actions (login required)

View Item View Item