Analisis Kesesuaian Langkah-langkah Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Teks Resensi SMA/SMK Bogor

Vitriana, Tri Sukma (2020) Analisis Kesesuaian Langkah-langkah Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Teks Resensi SMA/SMK Bogor. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
SKRIPSI VITRIANA TRI SUKMA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tentang kesesuaian langkah-langkah model discovery learning dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) teks resensi kelas XI SMA/SMK. Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dianalisis sesuai dengan sintak model pembelajaran discovery learning. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskripsi dengan menggunakan teknik studi pustaka. Uji validitas data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) dari tujuh rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) teks resensi sudah sesuai dengan sintak model pembelajaran discovery learning, seperti stimulation (pemberian rangsangan), problem statement (pertanyaan/identifikasi masalah), data collection (pengumpulan data), data processing (pengolahan data), verification (pembuktian), dan generalization (menarik simpulan), (2) model pembelajaran discovery learning dapat digunakan sebagai acuan dalam pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) teks resensi di SMA/SMK, (3) sintak model pembelajaran discovery learning memudahkan guru dalam proses pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BAHASA & SASTRA INDONESIA
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 08 Mar 2025 06:33
Last Modified: 08 Mar 2025 06:33
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/9225

Actions (login required)

View Item View Item