Roshella, Sylviana Sulaeman (2022) PENGEMBANGAN EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS WORDWALL PADA ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA Pendekatan Penelitian dan Pengembangan atau Research and Development pada Siswa Kelas V SDN Polisi 1 Kota Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
![]() |
Text
Roshella Sylviana Sulaeman.pdf Download (950kB) |
Abstract
Roshella Sylviana Sulaeman. 037118059. Pengembangan evaluasi pembelajaran berbasis wordwall pada tema 1 organ gerak hewan dan manusia subtema 3 lingkungan dan manfaatnya. Skripsi. Universitas Pakuan. Dibawah bimbingan Tatang Muhajang, M. Ag. Dan Yudhie Suchyadi, M. Pd. Evaluasi pembelajaran merupakan sebuah rangkaian dari proses pembelajaran guna menentukkan nilai atau hasil pengukuran hasil belajar.Agar evaluasi pembelajaran tidak terasa membosankan, maka perlu adanya pengembangan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk evaluasi pembelajaran berbasis wordwall pada tema 1 organ gerak hewan dan manusia subtema 3 lingkungan dan manfaatnya pembelajaran ke-5 di kelas V SDN Polisi 1 Kota Bogor dengan jumlah responden 28 orang peserta didik tahun akademik 2022/2023. Penelitian ini menggunakan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Pelaksanaan uji coba lapangan hanya dilakukan secara terbatas. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari lembar validasi ahli dan instrument angket respon siswa. Teknik analisis data terdiri dari analisis kelayakan evaluasi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa evaluasi pembelajaran berbasis wordwall yang dikembangkan layak digunakan sebagai evaluasi pembelajaran di kelas V pada tema 1 organ gerak hewan dan manusia subtema 3 lingkungan dan manfaatnya pembelajaran ke-5 berdasarkan rata-rata nilai validasi ahli materi sebesar 94,4%, rata-rata nilai validasi media sebesar 86,7%, dan rata-rata nilai validasi bahasa sebesar 92%. Evaluasi pembelajaran berbasis wordwall memiliki keefektifan sebagai evaluasi pembelajaran yang tidak membosankan peserta didik kelas V. Hal tersebut dibuktikan dari hasil posttest berupa angket yang diberikan untuk peserta didik dengan persentase 95,71%
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK |
Date Deposited: | 11 Mar 2025 06:33 |
Last Modified: | 11 Mar 2025 06:33 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/9328 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |