Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Prpblem Basef Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Subtema Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku : Pendekatan Penelitian Eksperimen Kuasi Pada Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Limusnunggal 02 Kabupaten Bogor Tahun Ajaran 2022/2023

Syifa, Nanda Camilla (2023) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Prpblem Basef Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Subtema Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku : Pendekatan Penelitian Eksperimen Kuasi Pada Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Limusnunggal 02 Kabupaten Bogor Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar subtema keberagaman makhluk hidup di lingkunganku pada peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri Limusnunggal 02 Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor. Jenis penelitian ini adalah eksperimen kuasi. Populasinya terdiri dari kelas IV-A dan IV-C yang terdiri atas 56 orang. Penelitian dilakukan sebanyak dua kali pertemuan disetiap kelompok kelasnya. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan metode simple random sampling dengan sistem undian. Analisis data dilakukan dengan uji n-gain, uji normalitas, uji homogenitas sebagai uji prasyarat sebelum melakukan uji hipotesis (uji t). hasil analisis data diperoleh t-hitung (4,5747) > t-tabel (2,00488) untuk signifikasikan 5%. Berdasarkan kriteria pengujian maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 19 Dec 2025 21:07
Last Modified: 19 Dec 2025 21:07
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/10284

Actions (login required)

View Item View Item