Pengembangan Bahan Ajar E-Comic Menggunakan Web Pixton Pada Topik Di Bawah Atap : Pendekatan Penelitian Research and Development (R&D) pada Peserta didik Fase B Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Cileungsi 08 Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Ajaran 2024/2025.

Siti, Waiqotul Himmah (2025) Pengembangan Bahan Ajar E-Comic Menggunakan Web Pixton Pada Topik Di Bawah Atap : Pendekatan Penelitian Research and Development (R&D) pada Peserta didik Fase B Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Cileungsi 08 Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Siti Waiqotul Himmah Skripsi-1-129_compressed.pdf

Download (1MB)

Abstract

Siti waiqotul himmah. 037120117. “Pengembangan Bahan Ajar E-Comic menggunakan Web Pixton pada Topik Di Bawah Atap”. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development di sekolah dasar negeri cileungsi 08. Subjek penelitian pada uji coba dalam mengembangkan dan mengetahui kelayakan bahan ajar yang dirancang terdiri dari 28 peserta didik. Hasil menunjukkan bahwa nilai dari validasi ahli media sebesar 96%, nilai validasi ahli bahasa sebesar 89%, nilai validasi ahli materi sebesar 97% yang termasuk pada kriteria “sangat layak”. Lalu hasil kuesioner pada peserta didik dan menujukkan nilai 93% dan guru 100% dengan kategori “sangat layak”. Hasil pre-test dan post-test menunjukkan N-gain sebesar 0.9 kategori “tinggi”, yang menandakan bahan ajar ini sangat praktis atau efektif. Jadi, secara keseluruhan hasil pengembangan bahan ajar e-comic pada web pixton sangat layak dan efektif untuk digunakan sebagai metode pembelajaran. Kata Kunci : Bahan ajar, E-comic, Pixton, Topik Di bawah Atap

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 08 Oct 2025 04:51
Last Modified: 08 Oct 2025 04:51
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/9955

Actions (login required)

View Item View Item