HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA Studi survei ini dengan Pendekatan Penelitian Korelasional pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 06 Kota Batu Kabupaten Bogor Semester Gasal Tahun Ajaran 2018/2019

Delis, Yunia HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA Studi survei ini dengan Pendekatan Penelitian Korelasional pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 06 Kota Batu Kabupaten Bogor Semester Gasal Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Yunia Delis 037114045.pdf

Download (76kB)
[img] Text
bab 1 pola asuh HB bismillah.docx

Download (33kB)
[img] Text
bab 2 pola asuh bismillah.docx

Download (66kB)
[img] Text
Bab 3 oke bismillah.docx

Download (59kB)
[img] Text
bab 4 bismillah.docx

Download (151kB)
[img] Text
BAB 5 bismillah.docx

Download (25kB)

Abstract

ABSTRAK Yunia Delis. 037114045. Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Hasil Belajar Matematika. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Pakuan. Bogor. 2018. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui hubungan positif antara pola asuh orang tua dengan hasil belajar matematika. Menggunakan metode pendekatan penelitian korelasi yang terdiri dari pola asuh orang tua sebagai variabel bebas berupa instrumen angket dan hasil belajar matematika sebagai variabel terikat berupa instrumen soal tes pilihan ganda. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V A, V B, dan V C Sekolah Dasar Negeri 06 Kota Batu Kabupaten Bogor semester gasal tahun pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 50 sampel responden. Uji validitas instrumen menggunakan rumus korelasi Person Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji persyaratan analisis data menggunakan uji Normalitas, Homogenitas, dan Linearitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan pola asuh orang tua dengan hasil belajar matematika, ditunjukkan dengan analisis statistik yang menghasilkan harga koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,399, sedangkan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,16 atau sebesar 16%. Hal ini berarti nilai pola asuh orang tua dengan hasil belajar matematika sebesar 16%, melalui persamaan regresi Y ̂ = 10,29 + 0,089 X. Sisanya sebanyak 84% ditentukan oleh faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikansi antara pola asuh orang tua dengan hasil belajar matematika. Hal ini berarti untuk meningkatkan hasil belajar matematika maka harus memperhatikan pola asuh orang tua. Kata kunci : pola asuh dan hasil belajar matematika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 02 Nov 2022 01:47
Last Modified: 02 Nov 2022 05:57
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5922

Actions (login required)

View Item View Item