Marliyanti, Myra HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SIWA Penelitian Kuantitatif dengan Pendekatan Korelasional di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Gugus 5 Wanaherang Kecamatan Gununungputri Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
Text
1.COVER.docx Download (85kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.docx Download (18kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.docx Download (19kB) |
|
Text
2. BAB I.docx Download (40kB) |
|
Text
1. BAB II.docx Download (44kB) |
|
Text
3. BAB III.docx Download (98kB) |
|
Text
4.BAB IV.docx Download (91kB) |
|
Text
5.BAB V.docx Download (27kB) |
Abstract
ABSTRAK Myra Marliyanti. 037115033. Hubungan Disiplin Belajar dengan Kemandirian Belajar Siswa. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor. 2019. Penelitian ini merupakan Penelitian Kuantitatif studi korelasional. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan disiplin belajar dengan kemandirian belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Gugus 5 Wanaherang Kecamatan Gunungputri Kabupaten Bogor. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen angket pada kedua variabel. Uji validitas instrumen disiplin belajar dengan kemandirian belajar siswa dihitung menggunakan rumus koefisein korelasi product moment pearson dan untuk rumus koefisien reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach. Populasi dari penelitian ini adalah 396 siswa, dengan jumlah sampel sebanyak 199 siswa yang diperoleh menggunakan rumus Slovin. Pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas (Liliefors), setelah uji normalitas kemudian dilakukan pengujian homogenitas (Fishier). Data yang sudah dinyatakan normal dan homogen digunakan untuk menguji hipotesis yang hasilnya menunjukan bahwa terdapat hubungan positif antara disiplin belajar dengan kemandirian belajar siswa dengan analisis statistik yang menghasilkan koefisien korelasi (ry) sebesar 0,66. Hal ini menunjukan adanya hubungan antara disiplin belajar dengan kemandirian belajar siswa yang kuat, dengan nilai Fhitung sebesar 150,19 lebih besar dari Ftabel dengan taraf nyata 0,05 sebesar 3,89. Hal ini terbukti dari perhitungan persamaan regresi Ŷ = 97,01+ 0,50X. Artinya setiap kenaikan unit disiplin belajar akan menyebabkan kenaikan kemandirian belajar siswa sebesar 0,50 unit. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan terdapat hubungan positif dan signifikan antara disiplin belajar dengan kemandirian belajar siswa kelas kelas IV Sekolah Dasar Negeri Gugus 5 Wanaherang Kecamatan Gunungputri Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020. Kata Kunci : Disiplin Belajar, Kemandirian Belajar Siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK |
Date Deposited: | 04 Nov 2022 07:01 |
Last Modified: | 04 Nov 2022 07:01 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5996 |
Actions (login required)
View Item |