PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT Studi ini dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Bambu Kuning Kecamatan Bojong Gede Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun 2016/2017

Mariyani, Lisza and Sumardi and Muhajang, Tatang (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT Studi ini dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Bambu Kuning Kecamatan Bojong Gede Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
COVER.docx

Download (30kB)
[img] Text
LEMBAR PENGERSAHAN SKRIPSI.docx

Download (17kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (18kB)
[img] Text
BAB I revisi.docx

Download (27kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (76kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (101kB)
[img] Text
BAB IV lisa.docx

Download (229kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (25kB)

Abstract

Lisza Mariyani, 037113232. Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script. Skripsi ini Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan. Bogor. 2017. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif dalam du siklus. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk meningkatankan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa kelas V melalui Model Cooperative Script. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah DasarNegeri Bambu Kuning yang terdiri dari 38 siswa, dengan komposis laki-laki 17 siswa dan perempuan 21 siswa. Pelaksanaan penelitian dilakukan pada semester genap tahun 2016/2017. Hasil penelitian menunjukkan ketuntasan hasil belajar pada refleksi awal adalah 2,63% kemudian ketuntasan siklus pertama adalah 36,84% sedangkan ketuntasan siklus kedua adalah 86,85%. Hasil observasi siswa menunjukan adanya peningkatan aktivitas perilaku siswa dengan memperoleh nilai pada siklus pertama 71,57 sedangkan siklus kedua memperoleh nilai 87,5. Peneliti berkesimpulan bahwa Mode Cooperative Script dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Selain itu, model pembelajaran ini dapat meningkatkan kinerja guru dan perilaku siswa dalam proses pembelajaran. Kata kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Cooperative Script, Ilmu Pengetahuan Sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 11 Nov 2022 01:31
Last Modified: 11 Nov 2022 01:31
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6021

Actions (login required)

View Item View Item