Permata, Merinda Bintari Gita (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI PENGGUNAAN MEDIA POSTER Studi ini dengan Studi Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Cibuluh 2 Kota Bogor Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
Text
COVER.docx Download (61kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI MERINDA.docx Download (20kB) |
|
Text
ABSTRAK MERINDA.docx Download (17kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (23kB) |
|
Text
BAB II new.docx Download (70kB) |
|
Text
BAB III terbaru 1.docx Download (61kB) |
|
Text
BAB IV terbaru.docx Download (148kB) |
|
Text
BAB V terbaru.docx Download (21kB) |
Abstract
Merinda Bintari Gita Permata, 037113193. Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Penggunaan Media Poster pada siswa kelas V SDN Cibuluh 2 Kota Bogor. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pakuan, Bogor, 2017. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti, observer, dan subyek yang diteliti.Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada siswa kelas V melalui penggunaan media gambar poster pada materi adaptasi hewan dengan lingkungannya . Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Cibuluh 2 Kota Bogor yang terdiri dari 42 siswa, dengan komposisi 25 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada siklus pertama memperoleh ketuntasan hasil belajar sebesar 60% dan hasil belajar siklus kedua memperoleh ketuntasan hasil belajar sebesar 86%. Sedangkan kualitas pelaksanaan pembelajaran pada siklus pertama memperoleh nilai sebesar 75 dan pada siklus kedua meningkat menjadi 95. Begitu pula dengan hasil observasi perilaku siswa menunjukkan adanya peningkatan pada aktivitas siswa dengan memperoleh nilai rata-rata pada siklus pertama yaitu 68, sedangkan siklus kedua memperoleh nilai rata-rata sebesar 92. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar poster dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Cibuluh 2 Kota Bogor. Selain itu, media pembelajaan dan model pembelajaran ini dapat meningkatkan tanggung jawab, kerjasama, dan disiplin siswa dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : Hasil Belajar; Media Poster, Ilmu Pengetahuan Alam
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK |
Date Deposited: | 11 Nov 2022 02:18 |
Last Modified: | 11 Nov 2022 02:18 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6073 |
Actions (login required)
View Item |