PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA Studi ini dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Rawa Endah Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019

Wignilia, Novela (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA Studi ini dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Rawa Endah Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
COVER SKRIPSI.docx

Download (76kB)
[img] Text
awal.docx

Download (48kB)
[img] Text
BAB I.doc

Download (60kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (113kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (128kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (283kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (25kB)

Abstract

ABSTRAK Novela Wignilia. NPM. 037114053. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar Negeri Rawa Endah Kabupaten Bogor. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, Bogor. Penelitian ini dengan pendekatan tindakan kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Matematika. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Rawa Endah dengan jumlah 37 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai proses pelaksanaan pembelajaran pada siklus I sebesar 65,26, siklus II sebesar 86,25 nilai tersebut telah melampaui indikator keberhasilan minimal 85. Hasil observasi perubahan sikap siswa menunjukkan adanya peningkatan pada rasa ingin tahu, mandiri, dan kreatif dengan perolehan nilai siklus I sebesar 64, siklus II sebesar 86 nilai tersebut telah melampaui indikator keberhasilan yaitu minimal 85. Kemudian nilai rata-rata hasil belajar siklus I memperoleh nilai rata-rata sebesar 62,9 dengan tingkat ketuntasan 48,6%, siklus II memperoleh nilai rata-rata sebesar 74.08 dengan tingkat ketuntasan 86,49% nilai tersebut telah melampaui indikator keberhasilan yaitu 85% dengan KKM 73. Begitu pula dengan observasi penilaian keterampilan juga mengalami peningkatan dengan perolehan nilai pada siklus I sebesar 71, siklus II sebesar 87 nilai tersebut telah melampaui indikator keberhasilan minimal 81. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Matematika pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Rawa Endah Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019. Kata kunci : Hasil Belajar, Matematika, dan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 15 Nov 2022 04:17
Last Modified: 15 Nov 2022 04:17
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6141

Actions (login required)

View Item View Item