PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SUBTEMA BANGGA TERHADAP DAERAH TEMPAT TINGGALKU Studi ini dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 01 Nagrak Kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018

Devitasari, Yunida (2018) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SUBTEMA BANGGA TERHADAP DAERAH TEMPAT TINGGALKU Studi ini dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 01 Nagrak Kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
COVER.docx

Download (28kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN yun.docx

Download (32kB)
[img] Text
BAB I ya Allah.docx

Download (20kB)
[img] Text
BAB_II_insyaallah[1].docx

Download (42kB)
[img] Text
BAB III SIDANG.docx

Download (127kB)
[img] Text
Bab_IV sidang.docx

Download (300kB)
[img] Text
BAB V SIDANG .docx

Download (18kB)

Abstract

ABSTRAK Yunida Devitasari, 037114146. Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Subtema Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan, Bogor, 2018. Penelitian ini dengan desain dan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti dan observer dan subyek yang diteliti. Tujuan dalam peneliti ini adalah untuk memperbaiki proses pembelajaran dan untuk meningkatkan hasil belajar subtema bangga terhadap daerah tempat tinggalku pada kelas IV melalui penerapan model Problem Based Learning. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 01 Nagrak Kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor yang terdiri dari 39 siswa, dengan komposisi 20 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2017,2018. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata penilaian proses pembelajaran pada siklus I sebesar 78,25, siklus II 83,5 dan siklus III 90 dengan indikator keberhasilannya yaitu 81, observasi perubahan sikap siswa pada siklus I sebesar 65, siklus II 79,3, dan siklus III 86,16 indikator keberhasilannya yaitu 81, observasi perubahan keterampilan siswa pada siklus I sebesar 60,9, siklus II 76,09 dan siklus III 93,17 indikator pencapaiannya yaitu 81, ketuntasan hasil belajar siswa siklus I mencapai 36%, siklus II sebesar 64,11% dan siklus III sebesar 92% indikator keberhasilannya 85% nilai KKM 75. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar pada subtema bangga terhadap daerah tinggalku pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 01 Nagrak Kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018. Selain itu, model pembelajaran ini dapat meningkatkan kerja sama, rasa ingin tahu, dan tanggung jawab siswa dalam proses pembelajaran. Kata Kunci; Hasil belajar, Model Problem Based Learning; Subtema Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 18 Nov 2022 01:44
Last Modified: 18 Nov 2022 01:44
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6181

Actions (login required)

View Item View Item