PERBAIKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI PENERAPAN MODEL DEMONSTRATION Studi ini dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Parakan 01 Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Ajaran 2017/2018

Resnu Pratama, Arthur (2018) PERBAIKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI PENERAPAN MODEL DEMONSTRATION Studi ini dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Parakan 01 Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
COVER bener .docx

Download (162kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx

Download (21kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (17kB)
[img] Text
BAB I finish.docx

Download (28kB)
[img] Text
BAB II semester baru.docx

Download (1MB)
[img] Text
BAB III awal.docx

Download (19kB)
[img] Text
BAB IV semester baru.docx

Download (289kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (27kB)

Abstract

ABSTRAK Arthur Resnu Pratama. 037112181. Perbaikan hasil belajar pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam melalui penerapan model demonstration. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor 2018. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dilakukan secara kolaboratif antara peneliti, guru model dan kolaborator. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi Struktur Tumbuhan dan Fungsinya pada siswa kelas IV pada semester ganjil tahun pelajaran 2017 / 2018 melalui model pembelajaran Demonstration. Subjek penelitian ini siswa Sekolah Dasar Negeri Parakan kelas IV, yang terdiri dari 29 siswa, dengan komposisi 12 orang siswa perempuan, dan 17 orang siswa laki-laki. Hasil penelitian menunjuk kan bahwa nilai kualitas pelaksanaan pembelajaran pada siklus pertama memperoleh nilai rata-rata sebesar 70 dengan persentase 71,57% dan pada siklus kedua meningkat rata-rata menjadi 90 dengan persentase menjadi 90,25%. Hasil observasi sikap siswa menunjukan adanya peningkatan pada aktivitas siswa dengan memperoleh nilai persentase pada siklus pertama yaitu 51,28%, sedangkan siklus kedua memperoleh nilai persentase sebesar 90,34%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Demonstration dapat memperbaiki hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Parakan 01 Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor. Selain itu Model Pembelajaran Demonstration dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran siswa tersebut, rasa percaya diri, kerjasama, dan tanggung jawab siswa dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : Model Pembelajaran Demontration, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 18 Nov 2022 01:45
Last Modified: 18 Nov 2022 01:45
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6196

Actions (login required)

View Item View Item