PENGARUH LITERASI INFORMASI TERHADAP EFEKTIVITAS BELAJAR SISWA Studi Kurikulum 2013 dengan Penelitian Kausal di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Sukmajaya 5 Kota Depok Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018

Pangestika, Monica Desiria PENGARUH LITERASI INFORMASI TERHADAP EFEKTIVITAS BELAJAR SISWA Studi Kurikulum 2013 dengan Penelitian Kausal di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Sukmajaya 5 Kota Depok Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Monica Desiria P. 037114330 PGSD.pdf

Download (74kB)
[img] Text
BAB 1.docx

Download (27kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (69kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (68kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (121kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (23kB)

Abstract

ABSTRAK Monica Desiria Pangestika 037114330. Pengaruh Literasi Informasi Terhadap Efektivitas Belajar Siswa. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan. Bogor. 2018. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh literasi informasi terhadap efektivitas belajar siswa. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuisioner berskala lima untuk variabel literasi informasi dan efektivitas belajar siswa. Uji validitas instrumen literasi informasi dan efektivitas belajar siswa dihitung menggunakan rumus Koefisien Korelasi Product Moment Pearson dan untuk koefisien reliabilitas dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Sukmajaya 5 Kota Depok yang berjumlah 143 siswa. Sampel yang diambil 60 siswa yang diperoleh menggunakan rumus Taro Yamane. Pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas (Liliefors). Setelah dari uji normalitas kemudian dilakukan pengujian homogenitas (Fisher). Data yang sudah dinyatakan normal dan homogen digunakan untuk menguji hipotesis yang hasilnya menunjukan terdapat pengaruh literasi informasi terhadap efektivitas belajar siswa. Teknik analisis regresi korelasi sederhana menghasilkan suatu model hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu Ŷ = 49,97 + 0,56 X, dengan harga fhitung sebesar 25,21 lebih besar dari ftabel dengan taraf nyata 0,05 sebesar 4,01, dan konstribusi berdasarkan hasil penelitian sebesar 30%. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh literasi informasi terhadap efektivitas belajar siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri Sukmajaya 5 Kota Depok tahun pelajaran 2017/2018. Katakunci: Literasi Informasi, Efektivitas Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 02 Nov 2022 01:46
Last Modified: 02 Nov 2022 06:12
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5903

Actions (login required)

View Item View Item