PERBEDAAN HASIL BELAJAR SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING Penelitian Eksperimen Quasi Dengan Pendekatan Saintifik Pada Kelas IV-A, IV-B, dan IV-C Sekolah Dasar Negeri Karang Asem 01 Kecamatan Citeureup Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019

Nuraeni, Dini (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING Penelitian Eksperimen Quasi Dengan Pendekatan Saintifik Pada Kelas IV-A, IV-B, dan IV-C Sekolah Dasar Negeri Karang Asem 01 Kecamatan Citeureup Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
cover.docx

Download (58kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.docx

Download (18kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (18kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (23kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (82kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (189kB)
[img] Text
BAB V .docx

Download (21kB)

Abstract

Dini Nuraeni 037114081. Perbedaan Hasil Belajar Subtema Kebersamaan dalam Keberagaman Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Discovery Learning. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2018. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen quasi. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan hasil belajar subtema kebersamaaan dalam keberagaman melalui model Problem Based Learning dan model Discovery Learning dengan model pembelajaran Konvensional. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Karang Asem 01 Kabupaten Bogor kelas IV, pada bulan Agustus semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Teknis analisis yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas, kemudian dilakukan uji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada uji normalitas ketiga sampel berdistribusi normal karena Lhitung ≤ Ltabel. Kemudian pada uji homogenitas didapatkan nilai x2hitung sebesar 3,950 ≤ x2tabel 5,991, maka: Terdapat perbedaan hasil belajar subtema kebersamaan dalam keberagaman melalui model Problem Based Learning diperoleh nilai N-Gain 74,00 dengan ketuntasan hasil belajar, 93,5% dan model pembelajaran Konvensional diperoleh nilai N-Gain 61,00 dengan ketuntasan hasil belajar 78,12%. Serta hasil pengujian hipotesis menyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung (4,075) > ttabel (1,99085). Terdapat perbedaan hasil belajar kebersamaan dalam keberagaman melalui model pembelajaran Discovery Learning diperoleh nilai N-Gain 68,00 dengan ketuntasan hasil belajar 87,09% dan model pembelajaran Konvensional diperoleh nilai N-Gain 61,00 dengan ketuntasan hasil belajar 78,12%. Serta hasil pengujian hipotesis menyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung (2,089) > ttabel (1,99085). Terdapat perbedaan hasil belajar subtema kebersamaan dalam keberagaman melalui model Problem Based Learning diperoleh nilai N-Gain 74,00 dengan ketuntasan hasil belajar, 93,5% dan model Discovery Learning diperoleh nilai N-Gain 68,00 dengan ketuntasan hasil belajar 87,09%. Serta hasil pengujian hipotesis menyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung (2,097) > ttabel (1,99085). Berdasarkan dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar Subtema Kebersamaan dalam Keberagaman melalui model Problem Based Learning dan model Discovery Learning, serta model pembelajaran yang paling efektif adalah model Problem Based Learning. Kata kunci : Hasil Belajar, Model Problem Based Learning dan Model Discovery Learning.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 11 Nov 2022 01:43
Last Modified: 11 Nov 2022 01:43
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6049

Actions (login required)

View Item View Item