Dewi, Selvia (2019) PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR ORANG TUA TERHADAP TANGGUNG JAWAB BELAJAR SISWA Melalui Pendekatan Penelitian Kuantitatif Kausal Kelas V Sekolah Dasar Negeri Taman Pagelaran Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
Text
1. COVER SKRIPSI.docx Download (81kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.docx Download (17kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.docx Download (18kB) |
|
Text
8. BAB I SKRIPSI.docx Download (17kB) |
|
Text
9. BAB I SKRIPSI LANJUTAN.docx Download (21kB) |
|
Text
10. BAB II SKRIPSI.docx Download (18kB) |
|
Text
13. BAB III SKRIPSI LANJUTAN.docx Download (161kB) |
|
Text
12. BAB III SKRIPSI.docx Download (18kB) |
|
Text
13. BAB III SKRIPSI LANJUTAN.docx Download (161kB) |
|
Text
14. BAB IV SKRIPSI.docx Download (16kB) |
|
Text
15. BAB IV SKRIPSI LANJUTAN.docx Download (219kB) |
|
Text
16. BAB V SKRIPSI.docx Download (18kB) |
|
Text
17. BAB V SKRIPSI LANJUTAN.docx Download (19kB) |
Abstract
ABSTRAK Selvia Noviani Dewi. 037115098. Pengaruh Bimbingan Belajar Orang Tua terhadap Tanggung Jawab Belajar Siswa. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, Bogor, 2019. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh bimbingan belajar orang tua terhadap tanggung jawab belajar siswa. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen angket untuk kedua variabel. Uji validitas instrumen bimbingan belajar orang tua dan tanggung jawab belajar siswa menggunakan rumus Koefisien Korelasi Product Moment Pearson dan Koefisien Reliabilitas dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Taman Pagelaran Kabupaten Bogor yang berjumlah 82 siswa. Sampel yang diambil 45 siswa yang diperoleh menggunakan rumus Taro Yamane. Pengujian Prasyarat Analisis berupa uji normalitas (Liliefors) dengan hasil Lhitung = 0,074 lebih kecil dari Ltabel = 0,132. Setelah dari uji normalitas kemudian dilakukan pengujian homogenitas (Fisher) dengan hasil Fhitung = 1,53 lebih kecil dari Ftabel = 4,07 . Data yang sudah dinyatakan normal dan homogen digunakan untuk menguji hipotesis yang hasilnya menunjukkan terdapat pengaruh bimbingan belajar orang tua terhadap tanggung jawab belajar siswa. Teknik analisis regresi korelasi sederhana menghasilkan suatu model hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu Ŷ = 81,5+0,2X. Dengan harga thitung sebesar 2,128 lebih besar dari ttabel dengan taraf nyata 0,05 sebesar 2,021 dan kontribusi berdasarkan hasil penelitian sebesar 10%. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh bimbingan belajar orang tua terhadap tanggung jawab belajar siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri Taman Pagelaran Kabupaten Bogor tahun pelajaran 2018/2019 . Kata Kunci: Bimbingan Belajar Orang Tua, Tanggung Jawab Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK |
Date Deposited: | 04 Nov 2022 07:01 |
Last Modified: | 04 Nov 2022 07:01 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5999 |
Actions (login required)
View Item |