Arwita, Yati (2017) PENGUNAAN STRATEGI REKONSTRUKTIF DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS VII SMP YAYASAN PENDIDIKAN NURUL IMAN CITEUREUP BOGOR. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
Text
Kafer.docx Download (98kB) |
|
Text
Judul.docx Download (14kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR DAN DAFTAR ISI.doc Download (78kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (27kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (77kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (68kB) |
|
Text
BAB IV.docx Download (142kB) |
|
Text
BAB V.docx Download (17kB) |
Abstract
ABSTRAK Yati Arwita: “Penggunaan Strategi Rekonstruktif dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Pada Siswa Kelas VII SMP Yayasan Pendidikan Nurul Iman Citeureup” Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan Bogor, 2016. Kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Yayasan Pendidikan Nurul Iman pada umumnya masih rendah, siswa belum mampu meningkatkan prestasinya di bidang menulis (teks) khususnya menulis teks deskripsi. Penggunaan Strategi Rekonstruktif dapat meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Yayasan Pendidikan Nnurul Iman. Selain itu terdapat pula kendala yang dihadapi siswa kelas VII SMP Yayasan Pendidikan Nurul Iman dalam meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi dengan menggunakan Strategi Rekonstruktif metode yang dilakukan yakni metode eksperimen yang memberikan perlakuan pada salah satu sampel dari populasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Yayasan Pendidikan Nurul Iman. Sampel didalam penelitian ini berjumlah 74 siswa yaitu, 37 siswa kelas VII-A sebagai kelas eksperimen, dan 37 siswa kelas VII-B sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan model example non example. Berdasarkan analisis data yang terdiri dari data tes dan angket, hipotesis yang diajukan dapat terbukti kebenarannya. Dapat dilihat dari adanya nilai menulis teks deskripsi dikelas eksperimen, nilai rata-rata yang awalnya 63 menjadi 76. Bukti ini diperkuat lagi dengan adanya kesimpulan dari perhitungan perbedaan mean dengan rumus t-tes. Berdasarkan perhitungan mean diperoleh nilai t.hasil = 2,57 dan d.b = 72. Dengan demikian diperoleh nilai t.total baik dari taraf signifikan 1% = 1,67 dan taraf siknifikan 5% = 2,39. Dengan demikian nilai t.hasil jauh lebih besar dari nilai t.total 1,67 <2,57> 2,39. Berdasarkan bukti ini, hipotesis pertama terbukti kebenarannya bahwa penggunaan Strategi Rekonstruktif berhasil meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Yayasan Pendidikan Nurul Iman. Dalam penelitian ini juga terbukti kebenarannya bahwa siswa kelas VII SMP Yayasan Pendidikan Nurul Iman, masih mengalami kendala dalam menulis sebuah teks deskripsi dengan menggunakan Strategi Rekonstruktif. Kata kunci: Menulis, Teks, Penggunaan Strategi Rekonstruktif (example non example).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BAHAS & SASTRA INDONESIA |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK |
Date Deposited: | 18 Nov 2022 01:44 |
Last Modified: | 18 Nov 2022 01:44 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6190 |
Actions (login required)
View Item |