PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERPEN PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BABAKAN MADANG KABUPATEN BOGOR

Rusmiati, Ati (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERPEN PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BABAKAN MADANG KABUPATEN BOGOR. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Cover.docx

Download (33kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan, Kata Pengantar & Daftar Isi.docx

Download (25kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (20kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (24kB)
[img] Text
BAB II selesai.docx

Download (147kB)
[img] Text
bab III.docx

Download (367kB)
[img] Text
BAB IV jadi.docx

Download (382kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (22kB)

Abstract

Ati Rusmiati: Penerapan Model Discovery Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Babakan Madang Kabupaten Bogor. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan 2017. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan model discovery learning dalam meningkatkan keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 1 Babakan Madang Kabupaten Bogor. Metode yang digunakan yaitu tes, angket, dan observasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI SMA Negeri 1 Babakan Madang Kabupaten Bogor. Sampel Penelitian ini adalah kelas XI-IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-IPA 3 sebagai kelas kontrol dengan teknik cluster random sampling. Hipotesis pertama yaitu adanya kendala penerapan model pembelajaran discovery dalam meningkatkan keterampilan menulis teks cerpen siswa XI SMA Negeri 1 Babakan Madang Kabupaten Bogor dapat diterima kebenarannya karena adanya kendala penerapan model discovery learning siswa kelas XI SMA Negeri 1 Babakan Madang Kabupaten Bogor. Kendala tersebut dibuktikan dengan adanya hasil analisis angket yang menyatakan sebanyak 23 siswa atau 72% dapat dikatakan hampir seluruhnya siswa mengalami kendala dalam mengidentifikasi masalah mengenai isi teks cerpen. Kemudian 18 siswa atau 56% siswa mengalami kendala dalam menyimpulkan teks cerpen. Selanjutnya, 18 siswa atau 56 siswa mengalami kendala dalam menulis teks cerpen dengan memperhatikan kosakata. Hipotesis kedua yaitu, penerapan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 1 Babakan Madang Kabupaten Bogor dapat teruji kebenarannya, dibuktikan dengan diperolehnya data prates kelas eksperimen dengan memperoleh nilai rata-rata kelas , yaitu 40,68 berada pada tingkat penguasaan kurang mampu. Untuk rata-rata nilai postes kelas eksperimen, yaitu 87,71 berada pada tingkat penguasaan sangat mampu. Hasil perbandingan mean kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan uji-t, diperoleh data harga thitung = 3,00 dan db= 60 dengan taraf signifikasi t0,99 sebesar 2,39 serta ttabel taraf signifikasi t0,95 sebesar 1,67 dan apabila dituliskan menjadi 2,39 <3,00> 1,67 Dengan demikian t0 (thitung) lebih besar dibandingkan dengan tt (ttabel). Hasil tersebut menunjukkan bahwa penerapan model discovery learning dapat meningkatkan keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 1 Babakan Madang Kabupaten Bogor. Kata kunci: Keterampilan menulis teks cerpen, model discovery learning

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BAHAS & SASTRA INDONESIA
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 14 Nov 2022 02:47
Last Modified: 14 Nov 2022 02:47
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6124

Actions (login required)

View Item View Item