PERBEDAAN HASIL BELAJAR PADA MATERI PERISTIWA ALAM YANG TERJADI DI INDONESIA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION Penelitian Eksperimen Quasi Pada Siswa Kelas VA, VB, dan VC Sekolah Dasar Negeri cilendek Timur 1 Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018

Nurmaulida (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR PADA MATERI PERISTIWA ALAM YANG TERJADI DI INDONESIA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION Penelitian Eksperimen Quasi Pada Siswa Kelas VA, VB, dan VC Sekolah Dasar Negeri cilendek Timur 1 Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Cover Skripsweet.docx

Download (88kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan Skripsi Bismillah Yeay.docx

Download (20kB)
[img] Text
Abstrak Skrpsi Bismillah.docx

Download (17kB)
[img] Text
BAB I Skripsi Bismillah.docx

Download (22kB)
[img] Text
BAB II Skripsi Bismillah.docx

Download (73kB)
[img] Text
BAB III Skripsi Bismillah.docx

Download (448kB)
[img] Text
BAB V Skripsi Bismillah.docx

Download (23kB)

Abstract

Nurmaulida. 037114107. Perbedaan Hasil Belajar Pada Materi Peristiwa Alam Yang Terjadi di Indonesia Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri dan Model Pembelajaran Kooperatif Student Team Achievement Division. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar pada materi peristiwa alam yang terjadi di Indonesia melalui penerapan model pembelajaran inkuiri dan model pembelajaran kooperatif student teams achievement division. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Cilendek Timur 1 pada siswa kelas VA, VB, dan VC semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar pada materi peristiwa alam yang terjadi di Indonesia melalui penerapan model pembelajaran inkuiri dan model pembelajaran konvensional. Hal ini dilihat dari rata-rata N-Gain model pembelajaran inkuiri sebesar 72,8 dan model pembelajaran konvensional sebesar 54,8. Hasil pengujian hipotesis menyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung > 1,99547 yaitu 6,545 > 1,99547. Terdapat perbdaan hasil belajar pada materi peristiwa alam yang terjadi di Indonesia melalui penerapan model pembelajaran kooperatif student team achivement division dan melalui model pembelajaran konvensional. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata N-Gain model pembelajaran kooperatif student team achievement division sebesar 64,2 dan model pembelajaran konvensional sebesar 54,8. Hasil pengujian hipotesis menyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung > 1,99547 yaitu 3,560 > 1,99547. Terdapat perbdaan hasil belajar pada materi peristiwa alam yang terjadi di Indonesia melalui penerapan model pembelajaran inkuiri dan model pembelajaran kooperatif student team achivement division. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata N-Gain model pembelajaran inkuiri sebesar 72,8 dan model pembelajaran kooperatif student team achivement division sebesar 64,2. Hasil pengujian hipotesis menyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung > 1,99547 yaitu 3,115 > 1,99547. Berdasarkan penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar pada materi peristiwa alam yang terjadi di Indonesia melalui penerapan model pembelajaran inkuiri dan model pembelajaran kooperatif student teams achievement division. Kata kunci: Hasil Belajar Pada Materi Peristiwa Alam yang terjadi di Indonesia, Inkuiri, Student Teams Achievement Division

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 11 Nov 2022 02:23
Last Modified: 11 Nov 2022 02:23
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6070

Actions (login required)

View Item View Item