PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING Studi Kurikulum 2013 dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 4 Karanggan Semester 2 Tahun Pelajaran 2017/2018

Nurhayati, Fitri (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING Studi Kurikulum 2013 dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 4 Karanggan Semester 2 Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
1 COVER.docx

Download (54kB)
[img] Text
2 Kata Pengantar,Daftar Isi fitri.docx

Download (39kB)
[img] Text
3 BAB I.docx

Download (26kB)
[img] Text
4 BAB II baru .docx

Download (74kB)
[img] Text
5 BAB III baru banget.docx

Download (131kB)
[img] Text
6 BAB IV Baru banget.docx

Download (271kB)
[img] Text
7 BAB V.docx

Download (20kB)

Abstract

ABSTRAK Fitri Nurhayati, NPM. 03711255. Peningkatan Hasi Belajar Pada Subtema Manusia dan Lingkungan Melalui Penerapan Model Pembelajaran Discovery Leraning di SDN 4 Karanggan Kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Bogor 2018.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, dilakukan secara kolaboratif antara peniliti dan kolabolator. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Subtema Manusia dan Lingkungan pada siswa kelas V melalui model pembelajaran Discovery Learning Obyek penelitian ini adalah siswa SDN 4 Karanggan Kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor yang terdiri dari 36 siswa, dengan komposisi 16 siswa laki-laki, dan 20 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018.Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas proses pembelajaran pada siklus pertama memperoleh nilai sebesar 75,5 pada siklus kedua meningkat menjadi 83 dan pada siklus ketiga meningkat menjadi 88,75. Hasil observasi perilaku siswa juga menunjukan adanya peningkatan dengan memperoleh nilai rata-rata pada siklus pertama yaitu 62,39, pada siklus kedua meningkat menjadi 79,56 dan pada siklus ketiga meningkat menjadi 91,49. Begitu pula dengan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam mengalami peningkatan, pada siklus pertama ketuntasan hasil belajar memperoleh 55,33% dengan nilai rata-rata 71,2, pada siklus kedua meningkat menjadi 75% dengan nilai rata-rata 76, dan pada siklus ketiga meningkat menjadi 88.89% dengan nilai rata-rata 83. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar Sub Tema Manusia dan Lingkungan kelas V SDN 4 Karanggan Kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor tahun pelajaran 2017/2018. Kata Kunci: Hasil Belajar, Subtema Manusia dan Lingkungan, Discovery Learning

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 18 Nov 2022 01:45
Last Modified: 18 Nov 2022 01:45
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6197

Actions (login required)

View Item View Item