HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN Studi ini dengan Korelasional Kelas V Sekolah Dasar Negeri 02 Cihideung Udik Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018

Yanti, Nita Ahdi (2018) HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN Studi ini dengan Korelasional Kelas V Sekolah Dasar Negeri 02 Cihideung Udik Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (13kB)
[img] Text
Bab I.docx

Download (25kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (59kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (58kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (173kB)
[img] Text
Bab V.docx

Download (20kB)
[img] Text
Cover - nita.docx

Download (51kB)
[img] Text
DAFTAR GAMBAR.docx

Download (15kB)
[img] Text
Daftar isi.docx

Download (17kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRA.docx

Download (13kB)
[img] Text
daftar pustaka fix.docx

Download (21kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL.docx

Download (14kB)
[img] Text
KATA PENGATAR.docx

Download (14kB)
[img] Text
LAMPIRAN 20 AKHIR.docx

Download (2MB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.docx

Download (23kB)
[img] Text
PERNYATAAN.docx

Download (13kB)
[img] Text
LAMPIRAN 20 AKHIR.docx

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dengan pendekatan penelitian kuantitatif asosiatif dengan metode studi korelasional pada disiplin belajar sebagai variabel bebas dan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan sebagai variabel terikat. Penelitian dilaksanakan bulan Mei 2018. Subjek nya adalah siswa kelas VA, VB dan VC Sekolah Dasar Negeri 02 Cihideung Udik Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor yang terdiri dari 50 sampel responden. Penelitian ini menggunakan instrumen penelitian berupa angket dengan skala Likert yang terdiri dari lima rentang skor untuk setiap variabel. Perhitungan validasi instrumen menggunakan program Microsoft Excel dan rumus Product Moment Pearson, sedangkan perhitungan reliabilitas instrumen menggunakan program Microsoft Excel dan rumus Alpha Cronbach. Penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata disiplin belajar sebesar 91,6 dan nilai rata-rata hasil belajar pendidikan kewarganegaraan sebesar 71,86. Pengujian hipotesis penelitian dilakukan dengan teknik hubungan analisis regresi sederhana Ŷ = -296,877 + 4,025X artinya setiap peningkatan satu unit disiplin belajar maka akan meningkatkan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan sebesar 4,025 unit. Pengujian korelasi sederhana menyatakan bahwa r = 0,41 yang berarti terdapat hubungan antara variabel sedang, sedangkan koefisien determinasi (r2) = 16,81 yang berarti disiplin belajar berkontribusi 16,81% terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan. Persyaratan uji hipotesis statistik Ho : Py (Tidak terdapat hubungan antara disiplin belajar (X) dengan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan (Y); Ha : Py (terdapat hubungan antara disiplin belajar (X) dengan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan (Y)). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara disiplin belajar dengan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan. Kata Kunci : Disiplin Belajar, Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan dan Korelasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 25 Mar 2023 01:53
Last Modified: 25 Mar 2023 01:53
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6234

Actions (login required)

View Item View Item