PERBEDAAN HASIL BELAJAR SUBTEMA LINGKUNGAN TEMPAT TINGGALKU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PEMECAHAN MASALAH Studi Kurikulum 2013 dengan Penelitian Eksperimen Quasi pada Peserta Didik Kelas IV A, IV B, dan IV C di Sekolah Dasar Negeri Ciomas 02 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018

Apriyani, Hanifa Dwi (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SUBTEMA LINGKUNGAN TEMPAT TINGGALKU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PEMECAHAN MASALAH Studi Kurikulum 2013 dengan Penelitian Eksperimen Quasi pada Peserta Didik Kelas IV A, IV B, dan IV C di Sekolah Dasar Negeri Ciomas 02 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
1. Cover.docx

Download (50kB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan Skripsi.docx

Download (888kB)
[img] Text
3. Bukti Pengesahan Ujian.docx

Download (16kB)
[img] Text
4. Lembar Pernyataan.docx

Download (638kB)
[img] Text
5. Abstrak.docx

Download (20kB)
[img] Text
6. Kata Pengantar.docx

Download (23kB)
[img] Text
7. Daftar Isi, Tabel, Gambar, Lampiran.docx

Download (31kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (26kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (88kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (81kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (148kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (29kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.docx

Download (24kB)
[img] Text
1. Lampiran Surat Keputusan.docx

Download (995kB)
[img] Text
2. Lampiran Surat Izin Uji Instrumen.docx

Download (488kB)
[img] Text
3. Lampiran Surat Balasan Uji Instrumen.docx

Download (724kB)
[img] Text
4. Lampiran Surat Izin Penelitian.docx

Download (403kB)
[img] Text
5. Lampiran Surat Balasan Uji Penelitian.docx

Download (790kB)

Abstract

ABSTRAK Hanifa Dwi Apriyani. 037114341. Penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen quasi. Bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar subtema lingkungan tempat tinggalku melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing (kelas eksperimen 1), model pembelajaran berbasis pemecahan masalah (kelas eksperimen 2), dan model pembelajaran konvensional (kelas kontrol). Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Ciomas 02 Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor di kelas IV semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda sebanyak 30 soal dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,781. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas varians, kemudian dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji t, maka terdapat perbedaan hasil belajar subtema Lingkungan Tempat Tinggalku melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing diperoleh nilai N-Gain 67 dengan ketuntasan hasil belajar 100% , model pembelajaran berbasis pemecahan masalah diperoleh nilai N-Gain 57 dengan ketuntasan hasil belajar 86% dan model pembelajaran konvensional mendapat nilai N-Gain 47 dengan ketuntasan hasil belajar 73%. Hasil pengujian hipotesis pada kelompok model pembelajaran inkuiri terbimbing dan model pembelajaran berbasis pemecahan masalah menyatakan Ho ditolak dan Ha diterima karena: thitung ≥ ttabel (3,5460 ≥ 2,00488). Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil subtema lingkungan tempat tinggalku melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing dan model pembelajaran berbasis pemecahan masalah, dan model pembelajaran yang paling efektif adalah model pembelajaran inkuiri terbimbing. Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Model Pembelajaran Berbasis Pemecahan Masalah, dan Pendekatan Saintifik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 25 Mar 2023 01:57
Last Modified: 25 Mar 2023 01:57
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6287

Actions (login required)

View Item View Item