Apriyani, Hanifa Dwi (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SUBTEMA LINGKUNGAN TEMPAT TINGGALKU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PEMECAHAN MASALAH Studi Kurikulum 2013 dengan Penelitian Eksperimen Quasi pada Peserta Didik Kelas IV A, IV B, dan IV C di Sekolah Dasar Negeri Ciomas 02 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
Text
1. Cover.docx Download (50kB) |
|
Text
2. Lembar Pengesahan Skripsi.docx Download (888kB) |
|
Text
3. Bukti Pengesahan Ujian.docx Download (16kB) |
|
Text
4. Lembar Pernyataan.docx Download (638kB) |
|
Text
5. Abstrak.docx Download (20kB) |
|
Text
6. Kata Pengantar.docx Download (23kB) |
|
Text
7. Daftar Isi, Tabel, Gambar, Lampiran.docx Download (31kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (26kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (88kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (81kB) |
|
Text
BAB IV.docx Download (148kB) |
|
Text
BAB V.docx Download (29kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.docx Download (24kB) |
|
Text
1. Lampiran Surat Keputusan.docx Download (995kB) |
|
Text
2. Lampiran Surat Izin Uji Instrumen.docx Download (488kB) |
|
Text
3. Lampiran Surat Balasan Uji Instrumen.docx Download (724kB) |
|
Text
4. Lampiran Surat Izin Penelitian.docx Download (403kB) |
|
Text
5. Lampiran Surat Balasan Uji Penelitian.docx Download (790kB) |
Abstract
ABSTRAK Hanifa Dwi Apriyani. 037114341. Penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen quasi. Bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar subtema lingkungan tempat tinggalku melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing (kelas eksperimen 1), model pembelajaran berbasis pemecahan masalah (kelas eksperimen 2), dan model pembelajaran konvensional (kelas kontrol). Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Ciomas 02 Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor di kelas IV semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda sebanyak 30 soal dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,781. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas varians, kemudian dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji t, maka terdapat perbedaan hasil belajar subtema Lingkungan Tempat Tinggalku melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing diperoleh nilai N-Gain 67 dengan ketuntasan hasil belajar 100% , model pembelajaran berbasis pemecahan masalah diperoleh nilai N-Gain 57 dengan ketuntasan hasil belajar 86% dan model pembelajaran konvensional mendapat nilai N-Gain 47 dengan ketuntasan hasil belajar 73%. Hasil pengujian hipotesis pada kelompok model pembelajaran inkuiri terbimbing dan model pembelajaran berbasis pemecahan masalah menyatakan Ho ditolak dan Ha diterima karena: thitung ≥ ttabel (3,5460 ≥ 2,00488). Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil subtema lingkungan tempat tinggalku melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing dan model pembelajaran berbasis pemecahan masalah, dan model pembelajaran yang paling efektif adalah model pembelajaran inkuiri terbimbing. Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Model Pembelajaran Berbasis Pemecahan Masalah, dan Pendekatan Saintifik
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK |
Date Deposited: | 25 Mar 2023 01:57 |
Last Modified: | 25 Mar 2023 01:57 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6287 |
Actions (login required)
View Item |